Pendaftaran SNBT 2024 Dibuka 21 Maret, Berikut Tes dan Contoh Soalnya

Senin, 04 Maret 2024 - 06:09 WIB
loading...
Pendaftaran SNBT 2024 Dibuka 21 Maret, Berikut Tes dan Contoh Soalnya
Pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK SNBT) dibuka 21 Maret hingga 5 April 2024. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini informasi seputar pendaftaran jalur SNBT 2024 yang perlu diketahui. Mau daftar SNBT 2024? Pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK SNBT) dibuka 21 Maret hingga 5 April 2024.

SNBT adalah jalur seleksi masuk perguruan tinggi negeri (PTN) kedua setelah pendaftaran Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP). Jalur inilah kesempatan bagi siswa gap year untuk ikut seleksi masuk PTN.

Siswa yang lulus tahun 2022 dan 2023 diperbolehkan mendaftar. Hal ini berbeda dengan pendaftaran SNBP yang persyaratannya harus siswa lulusan tahun 2024. Untuk info lebih lengkapnya, artikel kali ini akan membahasnya, simak ya!

Materi Tes SNBT 2024


Melansir laman snpmb.bppp.kemdikbud.go.id, ada 3 tes UTBK SNBT 2024 yaitu Tes Potensi Skolastik (TPS), Literasi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris serta Penalaran Matematika.


1. Tes Potensi Skolastik (TPS)


TPS ini mengukur kemampuan kognitif yang dianggap penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi.
Dalam TPS yang akan diuji adalah Kemampuan Penalaran Umum, Kemampuan Kuantitatif, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, serta Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis. Kemampuan kuantitatif akan mencakup Pengetahuan dan Penguasaan Matematika Dasar.

2. Literasi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris


Mengukur kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks untuk menyelesaikan masalah dan mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia agar dapat berkontribusi secara produktif kepada masyarakat.

3. Penalaran Matematika


Mengukur kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika. Tujuannya untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan bagi individu sebagai warga negara Indonesia dan dunia.


Syarat Daftar SNBT 2024


• Peserta harus memiliki Akun SNPMB Siswa. Registrasi Akun SNPMB Siswa dapat dilakukan di Portal SNPMB.

• Warga Negara Indonesia (WNI) yang memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK).

• Siswa SMA/SMK/MA Kelas 12 atau kelas terakhir pada tahun 2024.

• Peserta didik Paket C tahun 2024 dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2024).

• Siswa yang belum mempunyai ijazah pada poin 3 dan 4, harus membawa surat keterangan siswa kelas 12 sekurang-kurangnya disertai dengan:

• identitas, meliputi nama, kelas, NISN dan NPSN;

• pas foto terbaru (berwarna);
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4270 seconds (0.1#10.140)