Mau Cari Kerja? Ini 7 Tips Melamar Pekerjaan bagi Fresh Graduate Tanpa Pengalaman Kerja

Senin, 04 Maret 2024 - 06:25 WIB
loading...
Mau Cari Kerja? Ini 7 Tips Melamar Pekerjaan bagi Fresh Graduate Tanpa Pengalaman Kerja
Salah satu tips untuk melamar pekerjaan bagi fresh graduate adalah membuat resume atau curriculum vitae (cv) yang menarik dan mencerminkan kemampuan dan prestasi selama masa studi. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 7 tips melamar pekerjaan bagi fresh graduate tanpa pengalaman kerja. Setelah tamat kuliah sarjana, lulusan baru atau fresh graduate tentu ingin segera mendapatkan pekerjaan.

Tidak hanya pekerjaan yang bagus, fresh graduate juga tentu ingin mendapatkan gaji tiap bulan yang layak. Namun jika kamu lulus tanpa pengalaman apapun sebelumnya, tentu akan lebih sulit bagimu untuk mendapatkan pekerjaan. Artikel kali ini akan membagikan tips cara melamar pekerjaan bagi fresh graduate tanpa pengalaman kerja simak ya!

7 Tips Melamar Pekerjaan untuk Fresh Graduate Fresh Graduate Tanpa Pengalaman Kerja


1. Siap diri mental dan emosional


Pertama, lulusan baru atau fresh graduate perlu mempersiapkan diri secara mental dan emosional untuk menghadapi tantangan dalam dunia kerja. Mereka juga perlu memperbarui dan meningkatkan keterampilan yang relevan dengan bidang pekerjaan yang diminati. Ini bisa dilakukan melalui pelatihan tambahan, kursus online, atau magang.

2. Siapkan CV yang bagus


Selain itu, fresh graduate juga perlu membuat resume atau curriculum vitae (cv) yang menarik dan mencerminkan kemampuan dan prestasi selama masa studi.

3. Persiapan wawancara kerja


Setelah membuat resume yang menarik, para fresh graduate juga perlu mempersiapkan diri untuk menghadapi wawancara kerja. Caranya dengan mempelajari tentang perusahaan yang dilamar dan mempersiapkan jawaban yang baik untuk pertanyaan umum yang sering diajukan dalam wawancara. Sehingga ketika muncul pertanyaan "mengapa kami harus menerima anda fresh graduate" dari HRD, kamu dapat menjawabnya dengan baik.


4. Bangun networking sejak kuliah


Tips lain bagi fresh graduate dalam mencari pekerjaan adalah networking. Faktor ini juga penting bagi fresh graduate. Penting sekali untuk memanfaatkan kesempatan bertemu dengan profesional pada bidang yang diminati, menghadiri acara karier, atau bergabung dengan komunitas yang relevan.

Networking dapat membantu fresh graduate dalam memperluas jaringan profesional, mendapatkan informasi tentang peluang pekerjaan, dan mendapatkan mentor yang dapat membimbing dalam memulai karier.

5. Miliki sikap positif dan proaktif


Fresh graduate juga perlu memiliki sikap yang positif dan proaktif dalam mencari pekerjaan. Disarankan untuk aktif mencari informasi tentang lowongan pekerjaan, mengirimkan lamaran pekerjaan, dan mengikuti proses seleksi dengan sungguh-sungguh.

Untuk memperoleh pengalaman dalam awal membangun karier, fresh graduate disarankan bersedia untuk mengambil pekerjaan entry-level atau magang .

6. Punya ekspektasi yang realistis


Sebagai fresh graduate, penting untuk memiliki ekspektasi yang realistis. Mereka mungkin tidak langsung mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan harapan mereka, tetapi dengan kerja keras, dedikasi, dan kesempatan yang tepat, mereka dapat membangun karier yang sukses.

7. Tekun


Saat mencari pekerjaan, terkadang rencana tidak sesuai dengan harapan. Ketika menghadapi kondisi ini, fresh graduate harus siap menghadapi tantangan dan kesulitan dalam mencari pekerjaan.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2790 seconds (0.1#10.140)