Kemenag akan Bangun MAN Insan Cendekia Baru di Jabar, Kotanya Apa?

Senin, 04 Maret 2024 - 09:13 WIB
loading...
Kemenag akan Bangun MAN Insan Cendekia Baru di Jabar, Kotanya Apa?
Ke depan akan bertambah satu lagi MAN IC yang rencananya akan dibangun di Jawa Barat (Jabar). Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Saat ini sudah ada 24 MAN Insan Cendekia (MAN IC) di Indonesia. Ke depan akan bertambah satu lagi MAN IC yang rencananya akan dibangun di Jawa Barat (Jabar).

Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) adalah salah satu madrasah unggulan binaan Kementerian Agama (Kemenag). 24 MAN IC yang saat ini sudah ada ialah di Banten, Gorontalo, Jambi, Jawa Timur, Jawa Tengah, Lampung, dan Sumatera Selatan. Namun, belum ada MAN IC di Jawa Barat.

Rencananya Kemenag akan membangun satu lagi MAN IC di Jabar, tepatnya di kota Sumedang. Kami telah siapkan langkah-langkah strategis percepatan pendidikan MAN IC Sumedang Jawa Barat tahun 2024," ujar Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, dikutip dari laman Kemenag, Senin (4/3/2024).

Baca juga: MAN Insan Cendekia Serpong Jadi Sekolah Terbaik di Indonesia 2022, Ini Syarat Masuknya

MAN IC merupakan madrasah unggulan bidang sains dan teknologi. Madrasah ini menyiapkan lulusan yang selain memiliki keimanan dan ketakwaan (imtak), juga menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek). Kurikulum yang digunakan merupakan integrasi dari kurikulum Kemendikbudristek, Kemenag, pesantren, dan saintek.

Menurut Sidik, Direktorat KSKK Madrasah telah menggelar rapat koordinasi dengan Direktorat GTK Madrasah dan Kanwil Kemenag Jawa Barat pada Januari 2024. Tujuannya, membahas langkah strategis agar MAN IC Sumedang bisa segera terwujud.

"Kami telah melakukan survey kesiapan tiga lokasi kampus darurat sementara untuk penyelenggaraan MAN IC Sumedang Jabar di tahun pertama," terang Sidik.

Tiga lokasi itu adalah Yayasan Nurul Budiman Majalengka, Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) PUI Center, dan Balai Diklat Bandung. "Hasil komunikasi awal, tempat yang representatif adalah Balai Diklat Bandung. Rencana penggunaannya juga sudah disetujui oleh Kepala Badan Litbang dan Diklat Kemenag," ucapnya.

Baca juga: 5 MAN Insan Cendekia Paling Diminati di SNPDB 2024, Cek Daftarnya

Pada pembukaan perdana, lanjut Sidik, madrasah ini akan menjadi filial MAN IC Serpong. Sebagai dasar, telah diterbitkan Keputusan Dirjen tentang MAN IC Serpong Filial pada Februari 2024.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1549 seconds (0.1#10.140)