6 Jurusan Kuliah yang Paling Dibutuhkan di Industri Kreatif, Prospek Kerja Terbuka Lebar

Selasa, 05 Maret 2024 - 10:30 WIB
loading...
6 Jurusan Kuliah yang Paling Dibutuhkan di Industri Kreatif, Prospek Kerja Terbuka Lebar
Terdapat sejumlah jurusan kuliah yang paling dibutuhkan di industri kreatif. Salah satunya DKV. Foto/uowdubai.ac.ae
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah jurusan kuliah yang paling dibutuhkan di industri kreatif. Salah satunya adalah Desain Komunikasi Visual (DKV).

Jurusan kuliah menjadi aspek penting yang wajib diperhatikan calon mahasiswa. Tak hanya menyesuaikan minat dan bakat, mereka harus mengenali prospek kerja dari jurusan terkait agar tak menyesal di kemudian hari.

Pada beragam sektor yang biasa menjadi incaran lulusan perguruan tinggi, salah satu yang jadi favorit adalah industri kreatif. Nah, bagi kamu yang nantinya ingin bekerja di industri kreatif, berikut ini beberapa jurusan kuliah relevan yang dapat dipilih.

Jurusan Kuliah yang Dibutuhkan Industri Kreatif

1. Desain Komunikasi Visual


Bicara industri kreatif, salah satu jurusan yang paling berpotensi masuk adalah Desain Komunikasi Visual (DKV). Pada jurusan ini, mahasiswa akan diberikan pemahaman terkait prinsip-prinsip desain serta penggunaan komunikasi visual untuk berbagai tujuan seperti iklan komersial, promosi produk hingga branding.

Baca juga: 8 Jurusan Kuliah Tersulit dengan Prospek Kerja Menjanjikan, Berani Daftar?

Prospek kerja yang didapat dari lulusan DKV meliputi profesi seperti illustrator, editor video, editor grafis, creative design, visual desainer, animator dan lain sebagainya. Beberapa perguruan tinggi yang membuka jurusan ini adalah Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Telkom University, dan lainnya.

2. Animasi


Seiring perkembangan teknologi, jagat hiburan perfilman sudah tidak asing dengan animasi. Tak hanya untuk anak-anak, film-film animasi juga sangat disukai kalangan dewasa.

Bagi para lulusannya, jurusan ini punya prospek kerja yang beragam. Di antaranya seperti animator, desainer grafis, storyboard artist, illustrator hingga produser film animasi. Meski jarang diketahui, jurusan Animasi juga sudah tersedia di sejumlah perguruan tinggi Tanah Air.

3. Televisi dan Film


Berikutnya ada jurusan Televisi dan Film. Seiring perkembangan industri perfilman Tanah Air, kebutuhan akan tenaga-tenaga kreatif jusa semakin dibutuhkan.

Para mahasiswa yang memilih jurusan ini akan belajar banyak hal seputar dunia televisi dan film. Misal, seperti teknik-teknik pembuatan film dan program siaran televisi, penulisan skrip, tata kamera hingga penyutradaraan.

Baca juga: Rekomendasi 7 Jurusan Kuliah untuk Orang yang Suka Politik, Komunikasi hingga Jurnalistik

Jurusan Televisi dan Film menjadi pilihan tepat bagi kamu yang ingin berkarier di sektor media, terutama film atau pertelevisian. Sejumlah perguruan tinggi yang membuka jurusan ini adalah Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, Universitas Padjadjaran, dan lainnya.

4. Ilmu Komunikasi


Ilmu Komunikasi menjadi salah satu jurusan kuliah populer. Salah satu alasannya karena memiliki prospek kerja yang fleksibel.

Bukan hanya sekadar belajar cara berkomunikasi yang efektif, mahasiswa Ilkom juga mendapat pengalaman pembelajaran lain yang berhubungan dengan Jurnalistik, Public Relation hingga Periklanan (Advertising). Bersama bekal tersebut, para lulusannya juga terbuka untuk bekerja di industri kreatif.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1031 seconds (0.1#10.140)