Selamat, Universitas Muhammadiyah Jakarta Raih Akreditasi Unggul BAN PT

Kamis, 07 Maret 2024 - 14:56 WIB
loading...
Selamat, Universitas Muhammadiyah Jakarta Raih Akreditasi Unggul BAN PT
Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) berhasil meraih akreditasi unggul BAN PT. Foto/UMJ.
A A A
JAKARTA - Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) berhasil meraih akreditasi unggul BAN PT. UMJ didirikan pada 18 November 1955 dan menjadi Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiah (PTMA) tertua di antara 171 PTMA di seluruh Indonesia.

Akreditasi Unggul ini diraih UMJ berdasarkan Surat Keputusan BAN-PT Nomor: 163/SK/BAN-PT/Ak/PT/III/2024, pada Selasa (5/3/2024). Akreditasi unggul yang berhasil diraih UMJ merupakan hasil kerjasama dari seluruh civitas akademika yang telah berkontribusi untuk raihan akreditasi unggul.

Hal ini merupakan bukti kualitas yang dihasilkan oleh UMJ. Proses akreditasi melibatkan seluruh standar penilaian yang terdiri dari kurikulum pendidikan, standar sarana dan prasarana pendidikan, sistem tata kelola akademik, kualitas SDM hingga pencapaian pengajaran dan catur dharma.

Baca juga: Rektor UMJ Dorong Mapala Stacia Bikin Kegiatan Bernilai Promosi Tinggi

“Alhamdulillah UMJ sudah mendapatkan akreditasi unggul yang sudah cukup lama ditunggu oleh keluarga besar UMJ. Ini kebahagian bagi UMJ karena termasuk ke dalam Perguruan Tinggi milik Muhamamdiyah yang ke 10 memperoleh akreditasi unggul,” jelas Rektor UMJ, Prof. Dr. Ma’mun Murod, melalui siaran pers, Kamis (7/3/2024).

Menurut Guru Besar bidang Politik ini, akreditasi unggul merupakan capaian tertinggi dalam konteks pemeringkatan perguruan tinggi di Indonesia. “Ini akan menjadi spirit untuk lebih maju lagi dalam pengelolaan universitas untuk mempertahankan keunggulan. Karena, untuk tahun yang akan datang prosesnya akan bersifat kuantitatif ,tidak lagi ada proses asesmen di lapangan karena by data , jumlah guru besar, lektor kepala, jurnal, dan lainnya semua serba kuantitatif,” pungkasnya.

Menurut Ma’mun, UMJ harus mempertahankan keunggulannya. Dia mengatakan, ada beberapa tantangan ke depan untuk UMJ karena masih banyak program studi (prodi) yang belum unggul dan akan didorong untuk menuju unggul.

Baca juga: Wisuda UMJ ke-78 Semarak dengan Dukungan untuk Palestina

“Tentu saja setelah UMJ memperoleh akreditasi unggul akan menjadi perhatian bagi calon mahasiswa dan bagi para orang tua karena akreditasi menjadi pertimbangan untuk memilih kampus. Semoga ini akan meningkatkan minat bagi para calon mahasiswa baru untuk berkuliah di UMJ. Kampus yang dikelola dengan cukup serius,” pungkasnya.

Hingga saat ini UMJ telah memiliki 10 Fakultas dan 1 Sekolah Pascasarjana serta 51 Program Studi. Saat ini UMJ memiliki 22 Guru Besar.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1622 seconds (0.1#10.140)