Mau Lulus SNBT 2024? Ini 6 Cara Mendapatkan Skor Tinggi di Tes Skolastik UTBK

Minggu, 10 Maret 2024 - 13:32 WIB
loading...
Mau Lulus SNBT 2024? Ini 6 Cara Mendapatkan Skor Tinggi di Tes Skolastik UTBK
Berikut 6 cara mendapatkan skor tinggi di tes skolastik UTBK SNBT 2024. Foto/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Cara mendapatkan skor tinggi di tes skolastik UTBK penting untuk diketahui peserta SNBT 2024. Bukan hanya jadwal belajar namun kesehatan fisik dan mental pun perlu diperhatikan.

Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK SNBT) akan berlangsung dua gelombang secara serentak di 74 pusat UTBK seluruh Indonesia.

UTBK gelombang pertama akan berlangsung 30 April dan 2 hingga 7 Mei 2024. Lalu gelombang kedua pada 14-20 Mei 2024. Terdapat tiga macam tes yang akan dihadapi peserta nanti.

Baca juga: 10 Provinsi dengan Siswa yang Diterima PTN Terbanyak Jalur UTBK SNBT 2023

Yaitu, Tes Potensi Skolastik (TPS) yang menguji kemampuan kemampuan penalaran, kuantitatif, pengetahuan umum, serta kemampuan membaca dan menulis.

Selanjutnya ada tes bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dan terakhir ada tes penalaran matematika dengan menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika.

Dikutip dari Instagram BP3 Kemendikbudristek, berikut ini 6 cara untuk mendapatkan skor tinggi pada tes potensi skolastik utbk.

6 Cara Mendapatkan Skor Tinggi di Tes Skolastik UTBK 2024

1. Buat jadwal teratur


Jadwal belajar yang teratur dan konsisten perlu dibuat guna mendapatkan skor tinggi saat UTBK. Pisahkan waktu untuk setiap mata pelajaran dan pastikan kalian terlibat dalam pembelajaran aktif.

2. Pilih teknik pembelajaran yang sesuai


Berbagai teknik pembelajaran seperti peta konsep, membuat catatan, dan diskusi kelompok bisa digunakan guna memperkuat pemahaman materi.

Baca juga: Dibuka 21 Maret, Berikut Jadwal UTBK-SNBT 2024 yang Perlu Dipersiapkan

3. Uji diri dengan soal latihan


Agar memperkuat pemahamanmu untuk menghadapi soal UTBK maka sering-seringlah latihan soal. Hal ini bisa membantu meningkatkan keterampilan pengerjaan dan kecepatan dalam mengerjakan tes.

4. Berlatih manajemen waktu


Manajemen waktu yang baik diperlukan guna meraih skor tinggi di tes skolastik. Maka kalian perlu menentukan waktu menjawab tiap soal, hindari terlalu lama di satu pertanyaan untuk menghindari kehabisan waktu saat ujian berlangsung

5. Konsultasi dengan guru atau tutor


Jika kalian menemukan kesulitan di salah satu latihan soal jangan ragu mendekat ke guru. Mereka bisa memberikan penjelasan tambahan dan strategi dalam menghadapi tes.

6. Jaga kesehatan fisik, mental health juga penting


Apapun teknik belajar kalian, pastikan tidur yang cukup, makan sehat, istirahat yang cukup juga perlu jadi atensi. Kesehatan fisik didukung juga dengan kesehatan mental dapat meningkatkan daya tahan serta konsentrasi.

Demikian 6 cara mendapatkan skor tinggi pada tes potensi skolastik UTBK biar lulus SNBT 2024. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca setia SINDOnews.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0776 seconds (0.1#10.140)