Apa yang Harus Dilakukan Sambil Menunggu Pengumuman SNBP 2024?

Senin, 11 Maret 2024 - 14:28 WIB
loading...
Apa yang Harus Dilakukan Sambil Menunggu Pengumuman SNBP 2024?
Berikut ini 7 hal yang bisa dilakukan sambil menunggu pengumuman SNBP 2024. Foto/Untar.
A A A
JAKARTA - Menunggu pengumuman SNBP 2024 pasti menjadi momen yang bikin deg-degan para pejuang kuliah jalur prestasi tersebut. Tetapi jangan hanya berdiam diri, ada sejumlah kegiatan yang bisa dilakukan sambil menunggu hasil pengumuman.

Pendaftaran Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi ( SNBP ) 2024 telah usai akhir Februari 2024 lalu. Proses seleksi jalur prestasi ini berdasarkan prestasi dan rekam jejak akademik. Tidak ada tes sehingga calon peserta dan sekolah harus hati-hati memasukkan data di portal SNPMB.

Baca juga: Catat Tanggal dan Jam Pengumuman Hasil SNBP 2024, Semoga Lulus Ya!

Jadwal pengumuman SNBP akan digelar 26 Maret 2024 secara serentak melalui portal SNPMB dan puluhan laman mirror yang disediakan. Pastinya pada saat pengumuman itu akan ada yang lulus dan tidak lulus.

Lalu sambil menunggu pengumuman SNBP 2024 apa yang bisa dilakukan? Dikutip dari laman Maukuliah, berikut ini 7 hal yang bisa dilakukan sambil menunggu pengumuman SNBP 2024.

7 Kegiatan yang Bisa Dilakukan Saat Menunggu Pengumuman SNBP 2024

1. Santai sejenak dan tenangkan diri


Sebelum melakukan hal-hal yang lain, kita perlu istirahat dan merelaksasi diri terlebih dahulu. Gak mau kan kita jadi stres dan gampang sakit-sakitan pas pengumuman keluar nanti? Caranya bisa dengan tidur yang cukup, nonton film atau serial favorit, bahkan meditasi.

2. Matangkan rencana kedua


Meskipun kamu sudah berusaha semaksimal mungkin dalam SNBP, tetap aja gak ada jaminan kamu bisa lolos. Jadi, kamu perlu mempersiapkan plan kedua dalam kasus jika gak lolos SNBP. Plan kedua ini bisa berupa mencari kampus alternatif atau jurusan lain yang kamu minati.

Baca juga: 5 Tips Jitu Agar Bisa Lolos SNBP 2024 di UI, Bocoran dari Mahasiswanya Langsung!

3. Asah kemampuan diri dengan skill baru


Saat menunggu pengumuman, kamu juga bisa memanfaatkan waktu luang untuk mempelajari skill baru. Misalnya, belajar bahasa baru, menguasai aplikasi editing video, atau bahkan belajar tentang fotografi. Siapa tahu skill baru yang kita pelajari nanti bisa bermanfaat di masa depan.

4. Rilekskan diri dengan hobi yang disukai


Saat menunggu pengumuman SNBP, kamu juga bisa melakukan kegiatan yang kamu suka. Misalnya, kamu bisa nonton konser musik, bermain game online, atau pergi ke tempat wisata yang kita sukai. Dengan melakukan kegiatan sesuai hobimu, kamu bisa merasa lebih rileks dan gak terlalu fokus ke pengumuman SNBP.

5. Hunting kos atau tempat tinggal dekat PTN yang dituju

Baca juga: Ada Sanksi Blacklist yang Berlaku di SNBP 2024, Pejuang PTN Hati-hati Ya

Kalau ternyata kita lolos SNBP, maka kita perlu mencari tempat tinggal dekat kampus. Nah, selagi menunggu pengumuman, kita bisa mencari info kos yang dekat dengan kampus yang kita tuju. Jadi nanti kalau lolos, kita sudah siap tinggal di tempat yang tepat.

6. Pantau jadwal seleksi mandiri


Kalau ternyata kita gak lolos SNBP, maka kita bisa mencoba masuk melalui jalur ujian mandiri kampus. Nah, selagi menunggu pengumuman, kita bisa mencari tahu jadwal dan persyaratan ujian mandiri dari kampus yang kita tuju. Jadi nanti kalau gak lolos SNBP, kamu sudah siap untuk mengikuti ujian mandiri.

7. Membuat perencanaan kegiatan


Terakhir, saat menunggu pengumuman, kamu bisa membuat perencanaan kegiatan di masa depan. Misalnya, membuat rencana untuk belajar materi yang sekiranya akan diajarkan di semester awal nantinya, atau mendaftar volunteering di lembaga yang kamu minati.

Demikian 7 hal yang bisa dilakukan sambil menunggu pengumuman SNBP 2024 .Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca setia SINDOnews.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1335 seconds (0.1#10.140)