Gagal SNBP-SNBT Perlu Coba, Ini 8 Jalur Mandiri di Universitas Negeri Jakarta 2024

Selasa, 12 Maret 2024 - 11:35 WIB
loading...
Gagal SNBP-SNBT Perlu Coba, Ini 8 Jalur Mandiri di Universitas Negeri Jakarta 2024
Salah satu jalur Seleksi Mandiri di Universitas Negeri Jakarta (UNJ) 2024 adalah melalui Penmaba Jalur Portofolio Rapor. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Berikut 8 jalur Seleksi Mandiri di UNJ 2024 yang perlu diketahui calon mahasiswa. Gagal di jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) bukan berarti peluang untuk masuk perguruan tinggi negeri (PTN) tertutup.

Ada satu jalur seleksi yang bisa dicoba calo mahasiswa baru untuk mendaftar PTN yakni jalur seleksi Mandiri. Salah satu PTN yang membuka jalur Mandiri 2024 adalah Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Artikel kali ini akan membahas 8 jalur seleksi Mandiri di UNJ 2024, simak ya!

8 Jalur Seleksi Mandiri di UNJ 2024


Dilansir dari laman resmi UNJ, Senin (11/3/2024) berikut jalur mandiri UNJ 2024 yang dibuka untuk tahun akademik 2024/2025 dan bisa dicoba calon mahasiswa. Sebagai informasi, jalur mandiri UNJ biasa disebut Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Negeri Jakarta (Penmaba UNJ).

Meski jadwal pendaftaran jalur mandiri UNJ 2024 belum ada, tapi tak ada salahnya kamu tahu apa saja jalur mandiri UNJ yang bakal dibuka.

1. Penmaba Jalur Portofolio Rapor


Seleksi Mandiri ini ditujukan bagi peserta SNBP 2024 (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi) yang memilih UNJ sebagai pilihan pertama namun tidak diterima.

2. Penmaba Jalur Tulis


Seleksi mandiri ujian tulis Universitas Negeri Jakarta jalur ini menerapkan tes yang berjenis TPS, penalaran matematika, literasi bahasa Indonesia, dan literasi bahasa Inggris, serta ujian keterampilan bagi program studi yang mewajibkan ujian keterampilan.

3. Penmaba Jalur Prestasi Lomba


Seleksi Mandiri ini diperuntukkan bagi siswa SMA/sederajat yang pernah meraih juara tingkat nasional dan internasional selama di SMA/ sederajat dalam bidang: Sains dan Teknologi; Seni dan Sastra Sosial Humaniora Olahraga Lomba Bidang Keagamaan


4. Penmaba Jalur Portofolio Prestasi Non-Lomba


Seleksi Mandiri yang diperuntukkan bagi siswa SMA/sederajat yang memiliki talenta kepemimpinan maupun keagamaan:

• Ketua OSIS dan Ketua MPK

• Pramuka Garuda

• Keagamaan (Tahfidz Alquran minimal 10 juz).

5. Penmaba jalur nilai UTBK SNBT


Seleksi Mandiri yang diperuntukkan bagi siswa SMA/sederajat tiga tahun terakhir yang telah memilki nilai UTBK SNBT tahun 2024.

6. Penmaba khusus peserta difabel


Seleksi Mandiri UNJ yang satu ini khusus diperuntukkan bagi siswa SMA/sederajat tiga tahun terakhir yang memiliki keterbatasan dalam fisik maupun psikis dengan tahapan Ujian Tulis dan Ujian Wawancara.

7. Penmaba Jalur Tes Kelas Internasional


Seleksi Mandiri yang diperuntukkan bagi WNI atau WNA yang akan mengikuti kelas Internasional di Universitas Negeri Jakarta.

8. Penmaba Jalur Portofolio Mahasiswa Internasional


Seleksi Mandiri UNJ yang satu ini diperuntukkan khusus bagi Warga Negara Asing (WNA) yang ingin melanjutkan studi jenjang Sarjana maupun Pascasarjana di Universitas Negeri Jakarta.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3614 seconds (0.1#10.140)