8 Jalur Seleksi Mandiri UNS 2024 dan Biaya Pendaftarannya

Rabu, 13 Maret 2024 - 12:18 WIB
loading...
8 Jalur Seleksi Mandiri UNS 2024 dan Biaya Pendaftarannya
8 jalur mandiri UNS dan biaya pendaftarannya yang berlaku pada 2023 sebagai referensi penerimaan 2024. Foto/UNS.
A A A
JAKARTA - Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) menyediakan delapan jalur seleksi mandiri untuk calon mahasiswa baru. Biaya pendaftaran berlaku berbeda untuk setiap jalurnya.

Jalur mandiri merupakan alternatif bagi calon mahasiswa yang tidak lulus ke UNS mlalui jalur prestasi atau SNBP dan juga jalur tes atau SNBT.

UNS merupakan universitas negeri dengan status badan hukum yang berdiri pada tahun 1976. Kampus induknya ada di kawasan Kentingan, Jebres, Surakarta yang menempati lahan seluas 60 hektar.

Baca juga: IPB Buka 3 Jalur Mandiri 2024 Awal Mei, Ini Syarat dan Ketentuannya

UNS saat ini memiliki 13 fakultas dan satu sekolah pascasarjana. UNS pula adalah salah satu kampus LPTK atau kampus pencetak guru. Saat ini UNS dipimpin oleh Plt Rektor Chatarina Mulia Girsang.

Di perguruan tinggi negeri yang berada di Solo, Jawa Tengah, jalur mandiri yang dibuka ada delapan macam. Ada yang menggunakan ujian tulis dan ada pula yang menggunakan nilai UTBK SNBT.

Baca juga: Gagal SNBP-SNBT Perlu Coba, Ini 8 Jalur Mandiri di Universitas Negeri Jakarta 2024

Dikutip dari laman resminya, berikut ini delapan jalur mandiri UNS dan biaya pendaftarannya yang berlaku pada 2023 sebagai referensi penerimaan 2024.

8 Jalur Seleksi Mandiri UNS

1. SMJU Utul


Seleksi Mandiri Jalur Ujian (SMJU) Utul UNS akan menyeleksi mahasiswa baru dengan nilai ujian tulis atau utul yang diselenggarakan oleh UNS.

Biaya pendaftaran jalur mandiri ini sebesar Rp500.000 per orang.

2. SMJU UTBK SNBT


Jalur mandiri UNS yang kedua ini akan menjaring mahasiswa baru dengan menggunakan nilai ujian tulis berbasis komputer (UTBK) yang dihelat Kemendikbudristek.

Biaya pendaftaran Seleksi Mandiri Jalur Ujian (SMJU) UTBK SNBT UNS adalah sebesar Rp300.000

3. SMJKI-Utul UNS


Ini jalur mandiri kelas internasional yang dibuka khusus bagi calon mahasiswa yang ingin mendapatkan kesempatan mengikuti program double degree, student exchange, dan berbagai even internasional lainnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1490 seconds (0.1#10.140)