8 Jalur Mandiri UNJ 2024, Bisa Jadi Pilihan Jika Gagal SNBP-SNBT

Jum'at, 15 Maret 2024 - 09:36 WIB
loading...
8 Jalur Mandiri UNJ 2024, Bisa Jadi Pilihan Jika Gagal SNBP-SNBT
Terdapat delapan jalur mandiri UNJ 2024 yang penting diketahui calon mahasiswa. Foto/UNJ.
A A A
JAKARTA - Terdapat delapan jalur mandiri UNJ 2024 yang penting diketahui calon mahasiswa. Bagi kamu yang ingin masuk Universitas Negeri Jakarta (UNJ) melalui jalur non SNBP dan SNBT bisa menyimak ulasannya berikut ini.

Universitas Negeri Jakarta (UNJ) merupakan salah satu perguruan tinggi kenamaan di Jakarta. Tak kalah dengan universitas lain, kampus ini juga memiliki peminat yang besar setiap tahunnya.

Baca juga: 20 Jurusan UNJ Ini akan Menerima Mahasiswa Paling Banyak di SNBP dan SNBT 2024

Pada penerimaan mahasiswa baru (penmaba) tahun 2024 ini, Universitas Negeri Jakarta (UNJ) tak hanya membuka jalur masuk lewat Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) saja. Perlu diketahui, UNJ juga memberi kesempatan kepada para pendaftar melalui jalur mandiri.

Baca juga: 10 Jurusan Kuliah Sepi Peminat di UNJ, Peluang Lolosnya Besar Nih

Mengutip informasi dari dari laman resmi UNJ, Kamis (14/3/2024), setidaknya ada delapan jalur mandiri yang dibuka Universitas Negeri Jakarta pada tahun akademik 2024/2025. Berikut ini daftarnya.

Jalur Mandiri UNJ 2024

1. Penmaba Jalur Tulis


Pertama, ada ujian tulis. Tak hanya di UNJ, jalur masuk mandiri dengan sistem ini cukup sering dijumpai di perguruan tinggi lain.

Pada tes yang diberikan melalui seleksi mandiri ujian tulis Universitas Negeri Jakarta, ada beberapa jenis yang nantinya dimunculkan. Di antaranya seperti TPS, penalaran matematika, literasi bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, serta ujian keterampilan bagi program studi yang mewajibkannya.

2. Penmaba Jalur Portofolio Rapor


Berikutnya ada jalur portofolio rapor. Sedikit berbeda, jenis seleksi mandiri ini ditujukan bagi peserta Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2024 yang memilih UNJ dalam pilihan pertama namun tidak diterima.

3. Penmaba Jalur Portofolio Prestasi Non-Lomba


Jalur Mandiri ini ditujukan bagi siswa SMA/sederajat yang punya talenta dalam hal kepemimpinan maupun keagamaan. Misalnya seperti Ketua OSIS, Ketua MPK, Pramuka Garuda hingga Tahfidz Alquran (minimal 10 juz).

4. Penmaba Jalur Prestasi Lomba


Sesuai namanya, jalur mandiri ini ditujukan bagi siswa SMA/sederajat yang pernah meraih juara, baik tingkat nasional atau internasional. Adapun ketentuan bidang kejuaraan yang dimiliki seperti Sains dan Teknologi, Seni dan Sastra, Sosial Humaniora, Olahraga hingga Lomba Bidang Keagamaan.

5. Penmaba Jalur Nilai UTBK SNBT


Kemudian, ada jalur nilai UTBK SNBT. Peruntukkan seleksi mandiri ini bagi siswa SMA/sederajat tiga tahun terakhir yang sudah memiliki nilai UTBK SNBT tahun 2024.

6. Penmaba Khusus Peserta Difabel


Jalur mandiri ini dikhususkan bagi siswa SMA/sederajat tiga tahun terakhir yang memiliki keterbatasan dalam fisik maupun psikis dengan tahapan Ujian Tulis dan Ujian Wawancara.

7. Penmaba Jalur Portofolio Mahasiswa Internasional


Seleksi mandiri ini ditujukan bagi Warga Negara Asing (WNA) yang ingin melanjutkan studi jenjang Sarjana maupun Pascasarjana di Universitas Negeri Jakarta.

8. Penmaba Jalur Tes Kelas Internasional


Terakhir ada jalur tes kelas internasional. Seleksi mandiri ini diperuntukkan bagi WNI atau WNA yang akan mengikuti kelas Internasional di Universitas Negeri Jakarta.

Demikianlah ulasan mengenai delapan jalur seleksi mandiri masuk UNJ 2024 yang bisa diketahui. Semoga bermanfaat.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0937 seconds (0.1#10.140)