UNY Wisuda Virtual 810 Lulusan, Sarjana Diminta Tingkatkan Kemampuan Teknologi Informasi

Sabtu, 15 Agustus 2020 - 15:38 WIB
loading...
UNY Wisuda Virtual 810 Lulusan, Sarjana Diminta Tingkatkan Kemampuan Teknologi Informasi
Rektor UNY Sutrisno Wibowo secara simbolis perwakilan wisuda sarjana baru di Auditorium UNY, Sabtu (15/4/2020). Foto/SINDonews/Priyo Setyawan
A A A
SLEMAN - Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menggelar wisuda lulusan secara online melalui aplikasi zoom meeting di Auditorium UNY, Sabtu (15/8/2020). Untuk prosesi wisuda dilakukan secara simblis oleh perwakilan mahasiswa, untuk wisudawan lainnya mengikuti dari tempat tinggal masing-masing.

Jumlah wisuda peridoe ini sebanyak 810 lulusan. Terdiri dari program doktor (S3) 8 orang, program magister (S2) 112 orang, program sarjana (S1) 609 orang dan program diploma (D3) 81 orang. (Baca juga: Dosen UGM Kembangkan Detektor Mutasi Nyamuk Aedes Aegypti)

Rektor UNY, Sutrisna Wibawa mengatakan di era informas teknologi ini, telah membawa perubahan dunia yang dinamis, kompetitif dan penuh risiko serta kemajuan industri. Karena itu, agar dapat bersaing secara global di era teknologi informasi maka sumber daya manusia (SDM) yang unggul menjadi kuncinya.

“Untuk itu sebagai lulusan di era teknologi informasi, maka para wisudawan juga wajib memperkuat kemampuan teknologi informasi yang menjadi ciri dunia kerja di era digital. Apalagi internet literasi akan memudahkan dalam menjalankan tugas-tugas di dunia kerja,” ujar Sutrisno Wibowo dalam sambutannya.

Menurut Sutrisno, para lulusan juga harus memiliki kemampuan bekerja, baik secara individual ataupun dalam tim. Ini penting karena kemampuan kerja sama dan berkoordinasi dengan pekerja lain akan menjadi nilai plus, selain pengetahuan dan keterampilan yang sudah diperoleh di kampus.

Termasuk juga dengan memperkuat peran di dunia kerja yang tidak lagi bersifat linear tetapi lebih bersifat divergent sehingga lulusan perlu mempunyai kemampuan tambahan di samping kemampuan utamanya. “Lulusan non kependidikan perlu juga melihat ke dalam dirinya sendiri terkait dengan potensi di luar core competence,” paparnya

Kasubag Humas UNY, Sudaryono menambahkan untuk sebaran 810 lulusan UNY periode Agustus 2020. Pada program pascasarja (PPs) ada 120 orang, FIP 116 orang, FBS 57 orang, FMIPA 65 orang, FIS 60 orang, FT 122 orang, FIK 144 orang, dan FE 126 orang. (Baca juga: Jelang Deklarasi, Dukungan kepada Koalisi Din Syamsuddin dkk Muncul)

“Dari jumlah itu satu wisudawan summa cumlaude dan 499 wisudawan cumlaude (S2, 67 orang, S1 379 orang dan D3 53 orang),” tutupnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3262 seconds (0.1#10.140)