Ketatnya Persaingan Masuk Kedokteran UGM, Satu Kursi di SNBT Diperebutkan 70 Orang

Minggu, 24 Maret 2024 - 13:02 WIB
loading...
Ketatnya Persaingan Masuk Kedokteran UGM, Satu Kursi di SNBT Diperebutkan 70 Orang
Prodi Kedokteran UGM termasuk jurusan yang persaingannya sangat ketat. Foto/UGM.
A A A
YOGYAKARTA - Jurusan Kedokteran UGM menjadi bagian prodi paling diminati oleh calon mahasiswa baru . Prodi Kedokteran berada di Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FK-KMK) Universitas Gadjah Mada.

UGM memiliki reputasi yang kuat sebagai salah satu universitas terkemuka di Indonesia. Program kedokterannya juga terkenal karena kualitas pengajarannya yang tinggi dan fasilitasnya yang memadai.

Baca juga: Prediksi Skor Lolos UTBK-SNBT 2024 Jurusan Kedokteran di 8 PTN Favorit

Jurusan kedokteran di UGM dianggap sebagai salah satu yang terbaik di Indonesia. Lulusan dari program ini memiliki prestise yang tinggi di mata masyarakat dan industri kesehatan.

Tingkat Persaingan Jurusan Kedokteran UGM


Karena kualitasnya yang tinggi dan permintaan yang besar, jumlah kursi yang tersedia untuk program kedokteran di UGM relatif terbatas. Hal ini menyebabkan persaingan yang ketat di antara calon mahasiswa untuk mendapatkan tempat di program ini.

Dikutip dari laman resmi UGM, pada tahun 2023 lalu, untuk kuota satu kursi program studi kedokteran diperebutkan 93 orang melalui jalur Ujian Masuk -Computer Based Test (UM UGM CBT).

Baca juga: Jadi Prodi Terketat, Ini Rincian Biaya Kuliah Kedokteran Unesa Jalur SNBP 2024

Selain melalui jalur mandiri, untuk kuota satu kursi prodi Kedokteran UGM diperebutkan 42 orang melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan 70 orang lewat jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT).

Pilihan Jurusan Lain di FK-KMK UGM

Bagi Anda calon mahasiswa baru, FK-KMK UGM tidak hanya memiliki prodi kedokteran saja, namun juga ada dua prodi lainnya yang bisa kamu pilih yakni prodi Ilmu Keperawatan dan prodi Gizi Kesehatan.

Di prodi S1 Ilmu Keperawatan, mahasiswa akan dididik untuk menjadi lulusan yang mampu memberikan asuhan keperawatan pada individu, keluarga, kelompok, dan masyarakat dalam rentang sehat sakit di semua tatanan pelayanan Kesehatan yang berbasis bukti dan peka budaya. Lulusan di prodi ini dikenal dengan tenaga profesi Ners.

Sementara di prodi S1 Gizi Kesehatan, mahasiswa dididik agar dapat bekerja dan mengabdikan dirinya dalam upaya perbaikan gizi dan upaya asuhan gizi yang terstandar. Secara umum di masyarakat lulusan program studi ini dikenal sebagai konsultan gizi atau ahli gizi (nutrisionis).

Baca juga: Jadi Prodi Terketat, Ini Rincian Biaya Kuliah Kedokteran Unesa Jalur SNBP 2024

Dekan Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada Prof. dr. Yodi Mahendradhata menjelaskan, untuk mendukung kualitas pendidikan akademik semakin berkualitas dan berstandar internasional, pihaknya rutin melakukan akreditasi program studi serta berusaha mendapatkan sertifikasi internasional.

Prof Yodi menjelaskan, prodi S1 Kedokteran dan Profesi Dokter sudah terakreditasi penuh oleh Akreditierungsagentur für Studiengänge der Ingenieurwissenschaften, der Informatik, der Naturwissenschaften und der Mathematik (ASIIN).

Sedangkan S1 Gizi sudah bersertifikasi internasional oleh Asean University Network – Quality Assurance (AUN-QA). Sementara prodi Ilmu Keperawatan tengah pengajuan akreditasi internasional lembaga akreditasi pendidikan keperawatan internasional yang berbasis di Amerika Serikat, The Accreditation Commission for Education in Nursing (ACEN),

Sementara sistem perkuliahan di Kedokteran, dikemas dalam sistem blok yaitu satu semester terdiri atas 3 blok. Masing-masing blok di antaranya terdapat dua kali ujian kumulatif dan tentamen. Sementara di akhir semester ada UAS dan juga OSCE.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1350 seconds (0.1#10.140)