IPB Buka Prodi Bioinformatika, Perpaduan Ilmu Komputer dan Biologi Molekuler

Minggu, 24 Maret 2024 - 14:40 WIB
loading...
IPB Buka Prodi Bioinformatika, Perpaduan Ilmu Komputer dan Biologi Molekuler
IPB University membuka program studi baru Bioinformatika di tahun ini. Foto/Humas IPB University.
A A A
JAKARTA - IPB University membuka program studi baru Bioinformatika di tahun ini. Prodi S1 Bioinformatika berada di bawah Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA).

Bioinformatika adalah perpaduan antara ilmu komputer, matematika, statistika, dan biologi, khususnya biologi molekuler. Bioinformatika memiliki peranan penting untuk memecahkan berbagai permasalahan yang terkait dengan ilmu hayati, kesehatan, dan pertanian.

Ketua Tim Pembentukan Prodi Bioinformatika IPB University, Dr Wisnu Ananta Kusuma menjelaskan, pembentukan prodi ini bertujuan untuk menerapkan dan mengembangkan ilmu bioinformatika serta integrasinya dengan bidang ilmu lain.

Baca juga: Fakultas Teknik UI Buka Prodi Baru Kelas Internasional S1 Teknik Komputer dan Teknik Lingkungan

Hal ini juga sejalan dengan visi agromaritim IPB University, yakni mengoptimalkan kekayaan biodiversitas Indonesia, baik di darat maupun di laut, dengan pemanfaatan interdisiplin ilmu, termasuk bioinformatika.

"Prodi Bioinformatika IPB University menawarkan pendekatan unik dalam pengembangan keilmuan, yaitu keseimbangan antara muatan sains komputasi dasar yang diambil dari ilmu komputer dan biologi molekuler yang diambil dari biologi/biokimia sebagai kompetensi inti," ucapnya, melalui siaran pers, Minggu (24/3/2024).

Keunikan Prodi Bioinformatika


Dengan demikian, lanjut Dr Wisnu, prodi ini tidak hanya menerapkan ilmu biologi molekuler, teknologi omika, dan biologi sistem, tetapi juga menerapkan ilmu komputer, khususnya terkait pengembangan perangkat lunak, algoritme, dan pengolahan data berskala besar.

Baca juga: 7 Prodi Baru Kelas Internasional IPB University, Berikut Syarat Daftarnya

Keunikan lain dari prodi ini adalah fokus pada pengembangan biodiversitas terkait dengan agromaritim untuk mendukung pengembangan biomedis, pengobatan presisi, dan pertanian presisi. Lulusannya diharapkan mampu menguasai pendekatan dan pemikiran integratif dalam pengelolaan data omika untuk menghasilkan nilai tambah unggul dan berdaya saing dari biodiversitas Indonesia.

Prospek Kerja


Lulusan Program Studi Bioinformatika IPB University memiliki prospek karier yang sangat menjanjikan. Mereka dapat bekerja sebagai perekayasa muda bioinformatika, peneliti muda, praktisi biostatistik, praktisi mikrobiologi, praktisi biologi molekuler, praktisi bioinformatika, praktisi biomedis, praktisi pemuliaan tanaman berbasis genomik, praktisi bioteknologi, teknisi rekayasa vaksin, programmer, dan analis data berskala besar.

Prodi Bioinformatika IPB University menjanjikan kesempatan belajar dan pengembangan karier yang luas bagi para calon mahasiswa yang tertarik dalam menggabungkan ilmu komputer dan biologi untuk menciptakan solusi inovatif dalam bidang agromaritim dan lainnya.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3173 seconds (0.1#10.140)