Catat! Berikut Nilai Aman Tes Kebugaran untuk Masuk IPDN

Selasa, 26 Maret 2024 - 14:46 WIB
loading...
Catat! Berikut Nilai Aman Tes Kebugaran untuk Masuk IPDN
Salah satu hal yang sangat penting untuk menjadi bagian dari IPDN adalah kebugaran calon anggotanya. Karena itu penting kiranya untuk mengetahui informasi tentang tes kebugaran di IPDN bagi calon pendaftar. Foto ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Berikut ini nilai aman tes kebugaran untuk masuk IPDN. Salah satu Sekolah Kedinasan yang banyak digandrungi lulusan SMA/SMK sederajat adalah Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)

Selain fasilitas mewah yang ditawarkan, masuk sekolah kedinasan sangat berpeluang menjadi PNS ketika sudah lulus nanti termasuk juga lulusan IPDN. Salah satu hal yang sangat penting untuk menjadi bagian dari IPDN adalah kebugaran calon anggotanya. Dirangkum dari berbagai sumber, artikel kali ini akan membahas nilai aman tes kebugaran untuk masuk IPDN, simak ya!

Nilai Aman Tes Kebugaran untuk Lolos IPDN


1. Lari


Lari dilakukan selama 12 menit bagi pria, sedangkan wanita lari lebih lama 2 menit, yakni 14 menit. Nilai aman dari tes lari adalah 5,5 kali putaran lapangan sepak bola (kurang lebih 2,5 Km) bagi putra dan minimal 4,5 kali bagi putri.

2. Push Up


Laki-laki sebanyak minimal 35-45 kali dan standar push up untuk wanita antara 30-35 kali dengan waktu sekitar 1 menit.


3. Pull Up


Pull Up adalah gerakan olahraga dengan cara seperti bergantung pada tiang horizontal, kemudian menarik badan ke atas sampai dagu melewati tiang iu dan kembali turun sampai tangan lurus. Nilai aman untuk tes pull up adalah 10-15 kali selama 1 menit untuk putra dan untuk putri adalah sebanyak 60 kali chinning.

4. Sit Up


Sit up adalah gerakan duduk kemudian bangun. Tes ini bertujuan untuk mengetahui daya tahan serta fleksibilitas otot perut. Sit up 1 menit sebanyak 41 kali untuk putra dan 33 kali untuk putri.

5. Shuttle Run


Shuttle Run merupakan latihan kelincahan yang bertumpu pada gerakan dan tepat dalam mengubah arah melalui gerakan lari secara bolak-balik Nilai aman tes shuttle run adalah 3 kali putaran dalam 20 detik baik putra dan putri, lebih cepat lebih baik.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2585 seconds (0.1#10.140)