Kapan Pendaftaran Polwan 2024 Dibuka? Ini Jadwal dan Jalur Seleksinya

Sabtu, 30 Maret 2024 - 11:16 WIB
loading...
Kapan Pendaftaran Polwan 2024 Dibuka? Ini Jadwal dan Jalur Seleksinya
Pendaftaran Polwan tahun 2024 dapat dilakukan melalui 3 jalur seleksi yaitu Taruna Akpol, SIPSS, dan Bintara Polri. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Penerimaan Polisi Wanita (Polwan) akan segera dibuka kembali pada tahun 2024. Pendaftaran dapat dilakukan melalui 3 jalur seleksi yaitu Taruna Akpol, SIPSS, dan Bintara Polri. Bagi kamu yang berniat mendaftar Polwan 2024 maka harus segera mempersiapkan diri sejak sekarang. Untuk info lebih lengkap terkait pendaftaran Polwan 2024, artikel kali ini akan membahasnya, simak ya!

Jalur Seleksi Penerimaan Polwan 2024


1. Taruna Akpol


Melansir dari laman info penerimaan Polri, Akademi Kepolisian (Akpol) merupakan jalur penerimaan yang lebih tinggi dan intensif bagi calon perwira Polri. Melalui proses seleksi yang sangat kompetitif, lulusan Akpol akan mendapat pangkat IPDA dan bertugas dalam kepemimpinan dan manajemen di Polri.

Sebelumnya, pada tahun 2023 jumlah penerimaan Polwan sebanyak 25 orang, dan melakukan pendidikan selama 4 tahun di Jawa Tengah. Untuk itu, pendaftaran Akpol pada tahun 2024 belum dibuka hingga saat ini dan akan dibuka penerimaan pada bulan April 2024.


2. SIPSS


Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS) proses perekrutan calon perwira Polri dengan pangkat Inspektur Polisi Dua (IPDA). Namun sayangnya, jalur seleksi pendaftaran SIPSS tahun 2024 ini telah ditutup sejak 16 Januari 2024 lalu.

Untuk kuota yang dibuka pada jalur seleksi tahun ini sebanyak 100 orang. Biasanya, bagi lulusan S1 yang mendaftar pada jalur seleksi ini akan mengikuti tes terlulis, tes kesehatan, tes jasmani, psikotes, dan wawancara.

Dengan masa pendaftaran yang sudah berakhir, kamu dapat mempersiapkan diri lagi lebih matang untuk mendaftar di tahun yang akan datang.

3. Bintara Polri


Bintara Polri merupakan salah satu jalur seleksi pendaftaran untuk Polwan di tahun 2024, yang merujuk pada pangkat atau jabatan di tingkat menengah dalam kepolisian Republik Indonesia. Pada posisi Polwan, terdiri dari Bintara Polisi Tugas Umum (PTU), Bakomsus Wanita, serta Bintara Kompetensi Khusus Tenaga Kesehatan (Nakes).

Pada jalur seleksi Bintara, biasanya terbuka untuk pendaftar lulusan SMA/SMK hingga S1 dengan lama pendidikan selama 5 bulan di SPN masing-masing Polda, Pusdik atau Sepolwan. Untuk seleksi jalur ini, akan lulus dengan pangkat Bripda (Brigadir Polisi Dua).

Adapun proses pendaftaran pada tahun 2024 untuk Polwan pada jalur seleksi Bintara Polri, akan dibuka sekitar April 2024.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1592 seconds (0.1#10.140)