Kamu Fresh Graduate? Ini Kuota CPNS 2024 di Kemendikbud, Kemenag dan Kemenkes

Sabtu, 06 April 2024 - 10:30 WIB
loading...
Kamu Fresh Graduate? Ini Kuota CPNS 2024 di Kemendikbud, Kemenag dan Kemenkes
Kementerian yang saat ini sudah mengumumkan kuota seleksi CPNS 2024 ialah Kemendikbudristek), Kemenag, dan Kemenkes. Foto/Ist.
A A A
JAKARTA - Ini info tentang jumlah kuota CPNS 2024 di Kemendikbud, Kemenag dan Kemenkes yang diperuntukkan untuk fresh graduate. Seperti diketahui, kementerian yang sudah mengumumkan kuota seleksi CPNS 2024 ialah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Kementerian Agama (Kemenag), dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Berapa jumlahnya? Untuk info lengkapnya, artikel kali ini akan membahasnya, simak ya!

Kuota CPNS 2024 Kemendikbudristek


Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menyerahkan izin formasi sebanyak 40.541 calon ASN di lingkungan Kemendikbud.

Formasi tersebut terdiri atas 15.462 CPNS dan 25.079 PPPK. Ada beberapa poin penting yang menjadi titik tekan. Pertama, formasi ini menjadi bagian dari upaya penuntasan tenaga non ASN/ honorer di seluruh unit kerja Kemendikbudristek, selain tentu formasi dalam skema luas di dunia pendidikan yang juga tersebar di Pemda.

Salah satu pemenuhan kebutuhan SDM ini ialah dosen. Anas mengatakan, selama beberapa tahun terakhir, alokasi formasi untuk dosen di perguruan tinggi negeri sangat terbatas. Padahal, di sisi lain, jumlah mahasiswa terus meningkat.


Kuota CPNS 2024 di Kemenag


Ada formasi sebanyak 110.553 calon ASN di lingkungan Kementerian Agama (Kemenag). Formasi tersebut terdiri atas 20.772 CPNS dan 89.781 PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja), dan tercatat sebagai formasi terbesar sepanjang sejarah.

Kementerian PANRB dan Kemenag sejauh ini telah membahas sejumlah formasi, seperti untuk guru madrasah, guru Sekolah Menengah Teologi Kristen, Sekolah Menengah Atas Katolik, dosen perguruan tinggi keagamaan negeri, penyuluh agama, penghulu, talenta digital, dan penempatan di IKN.

Kuota CPNS 2024 di Kemenkes


Kuota CPNS di Kemenkes pada tahun 2024 akan sebanyak 23.200 formasi. Besarnya jumlah formasi yang disetujui itu diharapkan akan berdampak pada peningkatan kualitas serta pemerataan pelayanan kesehatan di Indonesia. Formasi itu terdiri atas 8.607 calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan 14.593 pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

Formasi CPNS 2024 Kemenkes Paling Besar


Melansir laman Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementeri PAN-RB) disebutkan, secara persentase, persetujuan formasi Kemenkes terbilang paling besar dibandingkan dengan instansi lain yang persetujuan formasinya rata-rata berkisar 70-80 persen dari usulan yang diajukan.

Instansi lain yang persetujuan formasinya tinggi adalah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi yakni sebesar 95 persen. Sebab, sektor kesehatan dan pendidikan adalah pelayanan dasar yang menjadi fokus pemerintah untuk meningkatkan kualitas SDM Indonesia.

Total kuota ketiga kementerian ini mencapai 174.294 formasi. Kuota ini tersedia bagi para fresh graduate. Termasuk salah satunya, kuota bagi guru dan dosen di Kemendikbud Ristek dan Kemenag terbuka cukup banyak.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1384 seconds (0.1#10.140)