Jalur Mandiri Unhas Makassar Beserta Biaya Kuliahnya, Cek Prodi Idamanmu

Jum'at, 12 April 2024 - 09:19 WIB
loading...
Jalur Mandiri Unhas Makassar Beserta Biaya Kuliahnya, Cek Prodi Idamanmu
Saat ini setidaknya ada 6 jalur Mandiri yang tersedia dan bisa dicoba para calon mahasiswa di Universitas Hasannudin (Unhas) Makassar. Foto/Ist.
A A A
MAKASSAR - Ini info tentang jalur mandiri Unhas Makassar beserta rincian biaya kuliahnya. Calon mahasiswa yang ingin kuliah di Universitas Hasanuddin (Unhas), ada beberapa jalur mandiri 2024 yang bisa kamu coba. Dilansir dari laman resmi PMB Unhas dijelaskan bahwa ada 6 jalur mandiri yang tersedia dan bisa dicoba para calon mahasiswa. Apa saja? Artikel kali ini akan membahasnya, simak ya!

Jalur Mandiri Unhas dan Biaya Kuliahnya


Jalur mandiri Unhas antara lain S1 Jalur Mandiri Ketua OSIS, S1 jalur Mandiri UTBK, S1 jalur mandiri Non-UTBK, jalur POSK (Penelusuran Prestasi Olah Raga, Seni, dan Keilmuan), jalur mandiri Sarjana Terapan dan S1 Jalur Mandiri Kelas Internasional.

1. Jalur Mandiri Ketua OSIS


Jalur Mandiri Program Pembinaan Bakat Kepemimpinan bagi Ketua OSIS Unhas terbuka bagi lulusan SMA/Sederajat. Peserta dipersyaratkan pernah terlibat dalam kegiatan keorganisasian sebagai Ketua OSIS.

2. Jalur Mandiri UTBK


Jalur Mandiri Non Subsidi (JNS) UTBK adalah salah satu jalur seleksi mandiri yang menjaring calon mahasiswa dengan prestasi akademik di samping kemampuan finansial.

Penilaian terhadap peserta jalur JNS UTBK dilakukan berdasarkan skor nilai UTBK SNBT dan satu nilai materi ujian yang diselenggarakan oleh Unhas.

3. Jalur Mandiri Non-UTBK


Jalur Mandiri Non Subsidi (JNS) Non-UTBK juga menjaring calon mahasiswa yang mempunyai prestasi akademik di samping kemampuan finansial.

Penilaian terhadap peserta jalur JNS Non UTBK dilakukan berdasarkan nilai ujian yang diselenggarakan oleh Universitas Hasanuddin (tanpa memperhitungkan Nilai UTBK).

4. Jalur Mandiri POSK


Jalur Mandiri Prestasi Olah Raga, Seni, dan Keilmuan (POSK) merupakan salah satu jalur seleksi mandiri untuk menjaring calon mahasiswa yang mempunyai prestasi akademik, olahraga, seni dan keilmuan. Penilaian terhadap peserta jalur POSK dilakukan berdasarkan skor nilai UTBK SNBT dan nilai ujian yang diselenggarakan oleh Unhas.

5. Jalur Mandiri SarjanaTerapan


Jalur Mandiri Vokasi D4 Terapan Unhas terbuka untuk calon peserta lulusan SMA atau yang sederajat dalam tiga tahun terakhir (2022, 2023, 2024).

6. Jalur Mandiri Kelas Internasional


Jalur mandiri Unhas lainnya, yakni Kelas Internasional Unhas yang dibuka untuk lulusan SMA atau yang sederajat dalam tiga tahun terakhir (2022, 2023, 2024). Terdapat 13 program studi yang dibuka dalam Jalur Mandiri Kelas Internasional Unhas.


Biaya Kuliah Jalur Mandiri Unhas Tahun 2023/2024


Biaya jalur Mandiri Unhas terdiri dari Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang dibayarkan tiap semester dan Dana Pengembangan yang dibayarkan satu kali di awal perkuliahan.

1. Ekonomi Pembangunan, Manajemen, Akuntansi

UKT per semester: Rp 8.000.000

Dana Pengembangan: Rp 50.000.000

2. Ilmu Hukum

UKT per semester: Rp8.000.000

Dana Pengembangan: Rp60.000.000
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1235 seconds (0.1#10.140)