Gagal SNBP dan SNBT? Tenang, 5 PTN Ini Buka Jalur Seleksi Rapor dan Prestasi

Jum'at, 12 April 2024 - 13:00 WIB
loading...
Gagal SNBP dan SNBT? Tenang, 5 PTN Ini Buka Jalur Seleksi Rapor dan Prestasi
Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) memiliki jalur masuk yang seleksinya berdasarkan nilai rapor akademik yaitu Seleksi Mandiri (SM) Prestasi Akademik UNY. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini daftar 5 PTN yang membuka jalur seleksi nilai rapor dan prestasi. Kamu berminat mendaftar di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) 2024? Selain SNBP dan UTBK SNBT, ternyata ada sejumlah PTN yang membuka jalur seleksi nilai rapor dan prestasi.

Beberapa PTN menyediakan jalur ini karena ingin memiliki mahasiswa yang berprestasi di akademik. Jalur ini biasanya termasuk ke dalam Seleksi Mandiri kampus yang dituju. Artikel kali ini akan membahas 5 PTN yang membuka jalur seleksi rapor dan prestasi, simak ya!

5 PTN yang Membuka Jalur Seleksi Nilai Rapor dan Prestasi


1. Universitas Gadjah Mada


Pencarian Bibit Unggul Berprestasi (PBUB) Universitas Gadjah Mada (UGM) merupakan jalur seleksi yang diperuntukkan bagi siswa pemenang/juara lomba di bidang olahraga, seni, dan IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) sesuai Program Studi yang dipilih.

Tingkat kejuaraan yang diakui adalah kejuaraan tingkat provinsi, nasional, maupun internasional dan/atau kejuaraan yang diselenggarakan oleh UGM, dibuktikan dengan sertifikat/piagam kejuaraan. Juara pada kejuaraan beregu harus dibuktikan dengan kehadiran dan keikutsertaan seluruh anggota tim saat pelaksanaan lomba.

2. Universitas Negeri Yogyakarta


Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) juga memiliki jalur masuk yang seleksinya berdasarkan nilai rapor akademik yaitu Seleksi Mandiri (SM) Prestasi Akademik UNY.

Program ini bertujuan untuk memberi kesempatan kepada siswa yang memiliki prestasi akademik untuk berkuliah di UNY.
Pada jalur ini, calon mahasiswa diperbolehkan memilih dua Program Studi di UNY. Dengan persyaratan yang tidak sulit, jalur ini hanya mewajibkan calon mahasiswa untuk menyertakan rapor semester 1-5.


3. Universitas Airlangga (Unair)


Seleksi Mandiri Universitas Airlangga (SMUA) terdiri dari beberapa jalur seleksi, salah satunya prestasi akademik. Seleksi ini mengandalkan rapor siswa dan prestasi akademik dan non-akademik.

SMUA Prestasi Akademik ini hanya untuk siswa eligible dan mewajibkan peserta untuk melampirkan kartu peserta Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) yang memilih salah satu program studi di Unair.

4. Universitas Indonesia (UI)


Prestasi dan Pemerataan Kesempatan Belajar (PPKB) Universitas Indonesia (UI) adalah salah satu jalur seleksi masuk UI yang menggunakan nilai rapor dan prestasi akademik.

Selain prestasi akademik dan rapor peserta, penilaian seleksi PPKB juga ditentukan dengan indeks sekolah asal. Jalur ini menyediakan dua jenjang pendidikan yaitu Sarjana (S1) dan Vokasi (D3 dan D4).

5. Universitas Brawijaya (UB)


Kampus yang berlokasi di Malang, Jawa Timur ini juga membuka jalur masuk khusus seleksi rapor yaitu Seleksi Masuk Universitas Brawijaya (SMUB) Jalur Prestasi.

Jalur ini memberikan kesempatan untuk calon mahasiswa yang memiliki prestasi berbagai bidang. Seperti peraih juara 1, 2, atau 3 di lomba nasional maupun internasional, Hafidz dan Hafidzah Alquran, dan penghafal kitab suci dari berbagai agama di Indonesia.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0947 seconds (0.1#10.140)