4 Universitas Terbaik Indonesia Jurusan Biologi di QS WUR by Subject 2024, Ini Daftarnya

Senin, 15 April 2024 - 16:10 WIB
loading...
4 Universitas Terbaik Indonesia Jurusan Biologi di QS WUR by Subject 2024, Ini Daftarnya
QS WUR by Subject 2024 memuat daftar universitas terbaik di Indonesia untuk jurusan Biologi. Foto/UGM.
A A A
JAKARTA - QS WUR by Subject 2024 memuat daftar universitas terbaik di Indonesia untuk jurusan Biologi . Daftar ini bisa menjadi panduan calon mahasiswa baru untuk daftar kuliah.

Selain memeringkat perguruan tinggi secara keseluruhan, QS Quacquarelli Symonds (QS) juga memublikasi peringkat untuk bidang ilmu (QS WUR by Subject). Tahun ini, QS memublikasi 55 bidang ilmu (subject) dalam 5 bidang (broad subject), meningkat dari 54 bidang di tahun sebelumnya.

Baca juga: 5 Universitas dengan Jurusan Teknik Terbaik Versi QS WUR by Subjects 2024, Kampus Ini Favorit

Salah satu bidang ilmu yang diukur adalah Biologi. Dikutip dari laman QS Top Universities, ini 4 universitas di Indonesia yang masuk daftar terbaik untuk jurusan Biologi.

4 Universitas Terbaik Indonesia untuk Jurusan Biologi di QS WUR by Subject 2024

1. Universitas Gadjah Mada (UGM)


Peringkat QS WUR by Subject 2024: 501-550

2. Universitas Indonesia (UI)


Peringkat QS WUR by Subject 2024: 551-600

3. Universitas Airlangga (Unair)


Peringkat QS WUR by Subject 2024: 601-650

4. IPB University


Peringkat QS WUR by Subject 2024: 651-670

Dekan Fakultas Biologi UGM Prof. DR. Budi Daryono mengungkapkan, selama tiga tahun berturut-turut Biologi UGM selalu menduduki peringkat pertama di Indonesia pada QS WUR by Subject.

Dia pun bersyukur atas capaian tersebut. Di sisi lain, pengakuan dari lembaga pemeringkatan dunia ini akan terus memotivasi pengelola untuk meningkatkan kualitas di bidang akademik, riset, dan pengabdian.

Meski peringkat bukan tujuan, saya kira ini bonus atas capaian kinerja dan menjadi penyemangat kami untuk terus meningkatkan kualitas tridarma perguruan tinggi,” jelasnya, dikutip dari laman UGM, Senin (15/4/2024).

Baca juga: Jangan Salah Pilih, Ini 8 Kampus Jurusan Ekonomi Terbaik Versi QS WUR by Subject 2024

Saat ini Fakultas Biologi UGM telah memiliki dosen 70 orang, sekitar 81 persen atau 57 orang sudah bergelar doktor serta 10 orang sudah Guru Besar.

Kemudian untuk riset dan publikasi internasional pengelola sudah bekerja sama dengan sejumlah universitas top seperti di Inggris, dan Belanda, Jerman, Australia, Jepang, dan di Asia Tenggara.

Fakultas Biologi UGM juga membuka program double degree seperti dengan Australian National University (ANU), Western Sydney University dan University of Technology Sydney (on progress). Selanjutnya program gelar ganda tengah dilakukan dengan Leeds University dan Dundee University, Inggris dan Leiden University Belanda.

Sedangkan Student Exchange Program bekerja sama dengan Universiti Tun Hussein Onn Malaysia (UTHM) Malaysia, Yamagata University Jepang, James Cook University, Australia dan Ankara University Turkiye.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1342 seconds (0.1#10.140)