Lontong dan Opor Ramaikan Perayaan Lebaran Mahasiswa Indonesia di Inggris

Senin, 15 April 2024 - 16:51 WIB
loading...
Lontong dan Opor Ramaikan Perayaan Lebaran Mahasiswa Indonesia di Inggris
Lontong, opor, dan kuliner khas lebaran lain menjadi sajian perayaan lebaran diaspora Indonesia di Inggris. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Lontong , opor, dan kuliner khas lebaran lain menjadi sajian perayaan lebaran ratusan warga Indonesia dari kalangan mahasiswa dan diaspora di kota Nottingham, Inggris. Warga lokal pun dikenalkan kepada sajian lebaran khas tersebut.

Hal tersebut dilakukan oleh pengurus Pengajian Derbyshire, Leicestershire dan Nottinghamshire (PeDLN), Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Nottingham serta Indonesian Society (Indosoc) University of Nottingham.

Ratusan warga Indonesia dari kalangan mahasiswa maupun diaspora yang tinggal di kota Nottingham dan sekitarnya berkumpul merayakanHari Raya Idulfitri 1445 Hijriyah di aula Radford Academ.

Baca juga: 5 Alasan Anda Tak Disarankan Langsung Bekerja di Kantor Pascalibur Lebaran

“Idulfitri adalah sebuah momentum memperkuat solidaritas dan tali silaturahmi antar warga Indonesia yang berada di Nottingham dan sekitarnya,” ujar Ketua PeDLN Aulia Rahim, melalui siaran pers, Senin (15/4/2024).

Mahasiswa doktoral di Universitas Nottingham, Inggris, tersebut juga mengingatkan bahwa makna Idulfitri tidak sekadar kemenangan yang diperoleh setelah menjalani ibadah puasa, tetapi juga sebagai sebuah refleksi diri.

Sebagaimana perayaan Idulfitri di Indonesia, panitia kegiatan juga menyajikan berbagai kuliner Indonesia antara lain lontong dan opor ayam, sambal goreng ati serta sate. Sajian kuliner khas Nusantara ini menjadi sebuah momen yang paling ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia di perantauan, dan juga warga Inggris di Nottingham.

“Perayaan lebaran (Halalbihalal) ini dilaksanakan selain sebagai ajang silaturahmi bagi warga ndonesia di kota Nottingham dan sekitarnya, juga untuk memperkenalkan budaya Indonesia yang kaya, khususnya makanan, kepada warga lokal.” Kata Sihol Lumbantoruan, Ketua PPI Nottingham.

Baca juga: 7 Makanan yang Ampuh Turunkan Kolesterol, Wajib Dikonsumsi Pasca-lebaran

Salah satu pelajar Indonesia yang hadir dalam acara halalbihalal, Nur Asyik, mengatakan bahwa tradisi wajib selama Lebaran di Inggris adalah menyantap makanan khas Indonesia sambil berkumpul bersama keluarga dan teman-teman.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1067 seconds (0.1#10.140)