Sudah Siap Ikut UTBK 2024? Ini Cara Belajar Metode Mind Mapping yang Bisa Dicoba

Selasa, 16 April 2024 - 11:00 WIB
loading...
Sudah Siap Ikut UTBK 2024? Ini Cara Belajar Metode Mind Mapping yang Bisa Dicoba
Metode mind mapping adalah salah satu metode yang bisa dicoba calon mahasiswa untuk memaksimalkan belajar UTBK SNBT 2024. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Begini 5 tips belajar UTBK 2024 lewat metode mind mapping yang bisa digunakan sebagai latihan. Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) gelombang 1 SNBT 2024 berlangsung pada 30 April dan 2-7 Mei 2024.Kamu yang sudah mendaftarkan diri sebaiknya perlu mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya. Salah satunya adalah dengan melakukan latihan mengerjakan soal UTBK.

Metode mind mapping adalah salah satu metode yang bisa dicoba untuk memaksimalkan belajar UTBK SNBT. Bagaimana caranya belajar dengan metode mind mapping? Artikel kali ini akan membahasnya tuntas, simak ya!

Mengenal Metode Mind Mapping


Mind mapping merupakan metode visual untuk mengorganisasi dan memvisualisasikan informasi secara terstruktur. Metode ini digambarkan memakai diagram yang terdiri dari cabang-cabang, sub cabang, dan kata kunci yang terhubung, sebagaimana dijelaskan pada unggahan Instagram @bp3_kemendikbud, Minggu (14/4/2024).

Tujuan teknik mind mapping adalah untuk mempelajari, merencanakan proyek, mengorganisasi ide, hingga bisa bantu penggunanya memecahkan masalah.

Adapun manfaat dari metode ini adalah dapat melatih memahami informasi, meningkatkan ketelitian, dan meningkatkan kreativitas. Dengan demikian, metode mind mapping bisa digunakan peserta untuk memaksimalkan persiapan UTBK 2024.


5 Cara Menerapkan Mind Mapping dalam UTBK 2024


1. Identifikasi Materi UTBK


Langkah pertama yang harus dilakukan peserta adalah mengenali materi apa saja yang keluar dalam UTBK. Selain itu, peserta juga harus mengenali jenis soal apa saja yang akan keluar.

Pada 2024, materi UTBK yang akan diujikan mencakup Tes Potensi Skolastik (TPS), Penalaran Matematika, serta Literasi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Setiap sub materi UTBK mempunyai durasi yang harus diperhatikan, yakni:

Pengetahuan kuantitatif: 15 soal (20 menit)

Kemampuan penalaran umum: 30 soal (30 menit)

Pengetahuan dan pemahaman umum: 20 soal (15 menit)

Kemampuan memahami bacaan dan menulis: 20 soal (25 menit)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2211 seconds (0.1#10.140)