6 Jenis Berkas Dokumen yang Wajib Disiapkan untuk Seleksi Administrasi Sekolah Kedinasan

Sabtu, 20 April 2024 - 08:00 WIB
loading...
6 Jenis Berkas Dokumen yang Wajib Disiapkan untuk Seleksi Administrasi Sekolah Kedinasan
Sejumlah berkas dokumen yang dibutuhkan dalam proses seleksi administrasi Sekolah Kedinasan adalah KTP dan Kartu Keluarga. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 6 jenis berkas dokumen yang wajib disiapkan untuk proses seleksi administrasi Sekolah Kedinasan . Kamu yang berminat mendaftar Sekolah Kedinasan salah satu hal yang penting diketahui adalah berkas dokumen persyaratan administrasi yang dibutuhkan. Apa saja? Artikel kali ini akan membahasnya, simak ya!

6 Jenis Berkas Dokumen yang Wajib Disiapkan untuk Proses Seleksi Administrasi Sekolah Kedinasan


1. Pas Foto


Berkas pertama yang wajib disiapkan adalah pasfoto terbaru ukuran 4 x 6 dengan latar belakang warna sesuai ketentuan masing-masing sekolah kedinasan. Pas foto untuk keperluan seleksi adminitrasi sekolah kedinasan, selain wajib menghadap ke depan juga perlu memastikan ukuran serta jenis ekstensi file yang ditentukan.

2. KTP


Berkas selanjutnya untuk keperluan seleksi administrasi sekolah kedinasan adalah KTP bagi calon peserta berusia 17 tahun atau Kartu Keluarga bagi yang belum.

Selain KK, dokumen lain yang dapat dijadikan sebagai alternatif pengganti KTP misalnya Surat Keterangan Kependudukan atau Resi Permintaan pembuatan KTP. Calon peserta sekolah kedinasan juga penting untuk memperhatikan jenis ekstensi file serta ukuran maksimal yang dibutuhkan.


3. Ijazah SMA/Sederajat


Berkas berikutnya yang wajib disiapkan bagi calon peserta sekolah kedinasan adalah Ijazah SMA atau sederajat dari sekolah asal. Dokumen lain yang dapat dijadikan alternatif sebagai pengganti ijazah bagi calon peserta lulusan luar negeri adalah Surat Penyetaraan atau Persamaan Ijazah. Berkas tersebut dapat diperoleh calon peserta sekolah kedinasan dengan mendatangi Kemendikbudristek.

4.Surat Keterangan Lulus


Jenis dokumen selanjutnya dan wajib disiapkan saat seleksi administrasi adalah Surat Keterangan Lulus yang diterbitkan kepala sekolah serta Surat Keterangan Belum Menikah.

5. Tanda Bukti Pembayaran Formulir


Berkas dokumen selanjutnya yang perlu disiapkan calon peserta sekolah kedinasan adalah Tanda Bukti Pembayaran Formulir, apabila formulir tersebut berbayar. Pastikan dalam tanda bukti tersebut tercantum dengan jelas nama serta Nomor Induk Kependudukan calon peserta.

6.Surat Pernyataan


Jenis berkas dokumen selanjutnya yang wajib disiapkan setiap calon peserta sekolah kedinasan adalah Surat Pernyataan. Setiap sekolah kedinasan memiliki kebijakan tersendiri mengenai format Surat Pernyataan, pastikan sebelum mengunduh dokumen sudah terhindar dari kekeliruan
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1993 seconds (0.1#10.140)