4 Jenis Seragam Sekolah SD, SMP, SMA Sederajat yang Perlu Diketahui Siswa dan Jadwal Pakainya

Sabtu, 20 April 2024 - 11:00 WIB
loading...
4 Jenis Seragam Sekolah SD, SMP, SMA Sederajat yang Perlu Diketahui Siswa dan Jadwal Pakainya
Aturan seragam sekolah dijelaskan di Permendikbudristek nomor 50 tahun 2022 tentang Pakaian Seragam Sekolah bagi Peserta Didik Jenjang Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini daftar 4 jenis seragam sekolah SD, SMP, SMA sederajat yang perlu diketahui. Aturan seragam sekolah ini dijelaskan di Permendikbudristek nomor 50 tahun 2022 tentang Pakaian Seragam Sekolah bagi Peserta Didik Jenjang Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Ada empat jenis pakaian seragam sekolah SD, SMP, dan SMA sederajat yang sudah diatur dalam peraturan Kemendikbudristek. Apa saja seragamnya? Untuk membahasnya, artikel kali ini akan menguraikannya, simak ya!

Jenis Seragam sekolah SD, SMP, SMA Sederajat


1. Pakaian Seragam Nasional


Pakaian seragam nasional adalah seragam dengan warna tertentu yang membedakan jenjang pendidikan siswa. Aturan seragam nasional, diatur dalam Pasal 3 ayat (1) huruf a sebagai berikut:

• Peserta didik SD/SDLB berupa atasan kemeja berwarna putih dan bawahan celana atau rok berwarna merah hati.

• Peserta didik SMP/SMPLB berupa atasan kemeja berwarna putih dan bawahan celana atau rok berwarna biru tua.

• Peserta didik SMA/SMALB/SMK/SMKLB berupa atasan kemeja berwarna putih dan celana atau rok berwarna abu-abu.



Jika sekolah diselenggarakan oleh pemerintah daerah, orangtua atau wali masing-masing siswa memilih salah satu model pakaian seragam nasional dengan mengacu pada ketentuan model pakaian seragam nasional yang diatur dalam peraturan ini.

Lalu pada sekolah yang diselenggarakan oleh masyarakat, Sekolah dapat memilih model Pakaian Seragam Nasional yang dikenakan oleh siswa dengan mengacu pada ketentuan model Pakaian Seragam Nasional.

Khusus siswa yang berada di Provinsi Aceh, bagi yang beragama Islam mengenakan Pakaian Seragam Nasional sesuai kekhususan Aceh berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan mengenai pemerintahan Aceh, dengan tetap mengacu pada ketentuan model Pakaian Seragam Nasional sebagaimana dimaksud dalam Pasal 5.

Jadwal Penggunaan Pakaian Seragam Nasional: Seragam ini digunakan peserta didik paling sedikit setiap hari Senin dan Kamis serta pada hari pelaksanaan upacara bendera.

2. Pakaian Seragam Pramuka


Model dan warna pakaian seragam Pramuka sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3 ayat (1) mengacu pada model dan warna pakaian seragam yang ditetapkan oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.

Jadwal penggunaan pakaian seragam pramuka: Pakaian seragam Pramuka digunakan peserta didik pada hari yang telah ditetapkan oleh masing-masing Sekolah.

3. Pakaian Seragam Khas Sekolah


Pakaian seragam sekolah, biasanya adalah seragam dengan model tertentu yang dibuat oleh sekolah. Model dan warna Pakaian Seragam Khas Sekolah sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3 ayat (2) ditetapkan Sekolah dengan memperhatikan hak setiap peserta didik untuk menjalankan agama dan kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai keyakinannya.

Jadwal penggunaan pakaian seragam khas sekolah: Pakaian seragam khas sekolah digunakan peserta didik pada hari yang telah ditetapkan oleh masing-masing sekolah.

4. Seragam adat


Model dan warna pakaian adat ditetapkan pemerintah daerah dengan memperhatikan hak setiap untuk menjalankan agama dan kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai keyakinannya.

Jadwal penggunaan pakaian adat: Pakaian adat digunakan peserta didik pada hari atau acara adat tertentu.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4345 seconds (0.1#10.140)