Mau Mudah Lolos PTN, Simak 5 Tips Anti Gagal UTBK SNBT dari Unair Berikut Ini

Kamis, 25 April 2024 - 09:00 WIB
loading...
Mau Mudah Lolos PTN, Simak 5 Tips Anti Gagal UTBK SNBT dari Unair Berikut Ini
Salah satu tips anti gagal mengikuti UTBK-SNBT 2024 adalah dengan memahami materi yang akan diujikan nanti. Foto ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 5 tips anti gagal UTBK-SNBT 2024 dari Unair yang perlu disimak para pendaftar. Pelaksanaan UTBK SNBT 2024 (Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes) gelombang 1 akan dilaksanakan pada 30 April mendatang. Lolos UTBK-SNBT 2024 menjadi idaman calon mahasiswa. Bagaimana caranya? Mengutip laman resmi Universitas Airlangga (Unair), artikel kali ini akan membagikan tips sukses UTBK-SNBT 2024, simak ya!

5 Tips Anti Gagal UTBK SNBT 2024 dari Unair


1. Pahami materi


Peserta UTBK SNBT 2024 wajib tahu bahwa ujian nanti ada tiga tes yang harus dikerjakan yakni Tes Potensi Skolastik (TPS) yang meliputi Kemampuan Penalaran Umum, Kemampuan Kuantitatif, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, serta Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis.

Kemampuan kuantitatif mencakup Pengetahuan dan Penguasaan Matematika Dasar. Selanjutnya materi yang kedua adalah Literasi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

Sedangkan materi terakhir adalah Penalaran Matematika. Kamu bisa membuat jadwal belajar yang teratur dan disiplin untuk memastikan punya waktu yang cukup untuk meninjau materi yang akan diujikan.

Manfaatkan materi pembelajaran resmi yang disediakan oleh panitia UTBK untuk memahami jenis soal yang akan dikerjakan. Peserta UTBK SNBT 2024 juga bisa memanfaatkan sumber belajar yang tersedia.


2. Latihan soal dan try out


Semakin banyak mengerjakan latihan soal, kamu akan semakin terbiasa menghadapi soal-soal pada materi UTBK SNBT 2024. Latihan soal ini akan membantumu untuk mengukur kemampuan dan mengidentifikasi jenis-jenis soal yang perlu diperbaiki.

Cobalah untuk mengerjakan soal dari tahun-tahun sebelumnya atau dari bank soal yang tersedia. Kamu dapat mencari bahan belajar dan soal-soal latihan online, atau mengikuti try out yang biasanya diselenggarakan oleh lembaga-lembaga pendidikan.

3. Jaga kesehatan fisik dan mental


Meski harus wajib belajar, namun menjelang UTBK SNBT 2024 kamu juga perlu memperhatikan kesehatan fisik dan mental.
Jangan sampai karena terlalu memforsir belajar justru menyebabkan sakit atau bahkan stres karena terlalu banyak belajar dan tidak punya waktu untuk melakukan sesuatu sebagai relaksasi.

4. Siapkan dokumen yang dibutuhkan saat ikut UTBK SNBT 2024


Setelah merasa siap dengan persiapan belajar dan mental, saat mengikuti UTBK SNBT 2024 jangan lupa membawa dokumen yang diperlukan.

Seperti kartu identitas diri, kartu peserta UTBK, dan fotokopi ijazah / SKL / Surat Keterangan kelas 12 yg dilegalisir. Simpan dokumen dalam map dan tas kamu agar aman.

5. Pakailah baju sesuai aturan panitia UTBK SNBT 2024.


Satu hal lagi yang perlu diperhatikan saat pelaksanaan UTBK SNBT 2024 adalah menggunakan pakaian sesuai aturan dari panitia SNPMB (Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru).

Saat ujian, peserta wajib memakai atasan warna putih atau seragam sekolah warna putih. Jadi, siapkanlah pakaianmu sebelum berangkat ujian. Jangan lupa datang ke lokasi ujian 60 menit sebelum jadwal tes.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1505 seconds (0.1#10.140)