10 Poltekkes Terbaik di Indonesia Versi Webometrics 2023, Acuan Daftar di 2024

Jum'at, 26 April 2024 - 10:48 WIB
loading...
10 Poltekkes Terbaik di Indonesia Versi Webometrics 2023, Acuan Daftar di 2024
Poltekkes Kemenkes Semarang menjadi Poltekkes terbaik di Indonesia menurut pemeringkatan lembaga WEbometrics 2023. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini daftar 10 Poltekkes terbaik di Indonesia yang perlu diketahui. Kamu penyuka bidang kesehatan? Politeknik Kesehatan atau Poltekkes bisa menjadi satu pilihan menarik melanjutkan studi bagi orang-orang seperti kamu.

Poltekkes adalah perguruan tinggi vokasi yang berfokus pada pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang kesehatan. Lulusan Poltekkes memiliki kompetensi yang dibutuhkan oleh dunia kerja, baik di sektor publik maupun swasta.

Selain status akreditasi kampus, untuk memilih Poltekkes terbaik juga bisa mengacu pada daftar peringkat lembaga pemeringkat dunia, salah satunya Webometrics. Artikel kali ini akan membahas daftar 10 Poltekkes terbaik di Indonesia versi Webometrics 2023 yang bisa dijadikan referensi daftar di 2024, simak ya!

10 Poltekkes Terbaik di Indonesia Versi Webometrics 2023


1. Poltekkes Kemenkes Semarang


Poltekkes ini berada di posisi 5.826 di dunia. Poltekkes ini adalah satu-satunya Poltekkes yang memiliki program D3 hingga pascasarjana. Poltekkes ini juga memiliki fasilitas yang lengkap dan modern, seperti pusat pembelajaran radiologi, laboratorium kesehatan, dan perpustakaan digital. Poltekkes ini juga aktif dalam penelitian dan pengabdian masyarakat di bidang kesehatan.

2. Poltekkes Kemenkes Malang


Poltekkes Kemenkes Malang berada di posisi 6.338 di dunia. Poltekkes ini memiliki 11 program studi D3 dan 7 program studi D4. Poltekkes ini juga memiliki fasilitas yang canggih, seperti laboratorium simulasi, pusat kesehatan masyarakat, dan pusat informasi kesehatan. Poltekkes ini juga aktif dalam berbagai kegiatan penelitian, pengabdian, dan kerjasama.

3. Poltekkes Jakarta I


Poltekkes Jakarta 1 berada di posisi 6.939 di dunia. Poltekkes ini memiliki 5 program studi, yaitu keperawatan, kebidanan, keperawatan gigi, dan ortotik prostetik.

4. Poltekkes Yogyakarta


Poltekkes Yogyakarta berada di peringkat 6.990 di dunia. Poltekkes Yogyakarta menyediakan 7 program studi untuk D3 dan 7 program studi untuk D4. Program studi ini terdiri dari gizi, kebidanan keperawatan, sanitasi lingkungan, laboratorium medis, kesehatan gigi, dan sebagainya.


5. Poltekkes Gorontalo


Poltekkes Gorontalo berada di peringkat 9.014 di dunia. Poltekkes Kemenkes Gorontalo memiliki visi untuk menjadi institusi pendidikan tinggi kesehatan terdepan dalam menghasilkan lulusan yang kompetitif dan berkarakter tahun 2045. Poltekkes ini menawarkan program studi di bidang keperawatan, kebidanan, gizi, farmasi, dan sanitasi lingkunga

6. Poltekkes Kalimantan Timur


Poltekkes Kalimantan Timur berada di peringkat 9.053 dunia. Poltekkes Kalimantan Timur memiliki 3 jurusan jenjang D3 dan 4 jurusan jenjang D4. Poltekkes ini didirikan pada tahun 2001 dan telah mendapatkan akreditasi A dari Badan PPSDM Kesehatan.

7. Poltekkes Tanjung Karang


Poltekkes Tanjung Karang berada di peringkat 9.692 dunia. Poltekkes Tanjung Karang berlokasi di Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung, dan memiliki 8 jurusan D3 dan 4 jurusan D4 yang menawarkan berbagai bidang ilmu kesehatan.

8. Poltekkes Palembang


Poltekkes Palembang berada di peringkat 9.986 dunia. Poltekkes Palembang memiliki 7 jurusan, yaitu keperawatan, gizi, kebidanan, farmasi, keperawatan gigi, analis kesehatan, serta kesehatan lingkungan yang terbagi di jenjang D3 atau D4.

9. Poltekkes Makassar


Poltekkes Makassar berada di peringkat 9.997 dunia. Poltekkes Makassar memiliki 9 jurusan yang terdiri dari keperawatan, kebidanan, farmasi, kesehatan lingkungan, gizi, fisioterapi, keperawatan gigi, dan teknologi laboratorium medis.

10. Poltekkes Jakarta II


Poltekkes Jakarta II berada di peringkat 10.238 dunia Poltekkes Jakarta II didirikan pada tahun 2001 dengan menggabungkan tujuh akademi kesehatan yang sebelumnya berdiri secara terpisah.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2176 seconds (0.1#10.140)