5 Tips Mengerjakan Tes Akhlak Rekrutmen Bersama BUMN, Simak dan Pahami

Sabtu, 27 April 2024 - 07:03 WIB
loading...
5 Tips Mengerjakan Tes Akhlak Rekrutmen Bersama BUMN, Simak dan Pahami
Ini sejumlah tips mengerjakan tes Akhlak Rekrutmen Bersama BUMN dengan baik dan benar. Foto/FHCI BUMN.
A A A
JAKARTA - Ini sejumlah tips mengerjakan tes Akhlak Rekrutmen Bersama BUMN dengan baik dan benar. Salah satunya adalah banyak berlatih soal-soal terkait sebelum hari ujian.

Rekrutmen Bersama BUMN 2024 telah mengumumkan hasil seleksi administrasi. Apabila dinyatakan lolos, peserta akan menjalani trial test pada 24-26 April 2024 serta tes online 1 pada 27 April-4 Mei 2024.

Baca juga: 10 Contoh Soal Tes Verbal BUMN Lengkap dengan Jawaban

Sebagai informasi, tes online 1 terdiri atas beberapa jenis berbeda. Masing-masing adalah tes kompetensi dasar (TKD), Akhlak hingga wawasan kebangsaan bagi pelamar lulusan D3-S2.

Nah, sebagai persiapan menghadapi tes Akhlak BUMN, ada sejumlah tips yang perlu diperhatikan. Dirangkum dari berbagai sumber berikut ini di antaranya.

Tips Mengerjakan Tes Akhlak Rekrutmen Bersama BUMN

1. Mempelajari tentang Akhlak


Akhlak merupakan akronim dari yakni amanah, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif. Nilai-nilai tersebut menjadi core values yang dimiliki BUMN.

Pada masing-masing penjabarannya, nilai dalam Akhlak memiliki definisi dan panduan perilaku sendiri. Misalnya, nilai Amanah yang diartikan sebagai memegang teguh kepercayaan yang diberikan.

Baca juga: Cara Download dan Instal Safe Exam Browser untuk Tes BUMN, Mudah Banget!

Panduan perilaku dari nilai Amanah seperti memenuhi janji dan komitmen, bertanggung jawab atas tugas, keputusan, dan tindakan, hingga berpegang teguh kepada nilai moral dan etika. Selain Amanah, masih ada lima nilai lain yang perlu dipelajari, yakni kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif.

Sebelum menghadapi tes Akhlak BUMN, peserta perlu mempelajari masing-masing nilainya secara menyeluruh. Hal ini dimaksudkan agar nantinya jalannya tes bisa berjalan lancar dan hasilnya pun optimal.

2. Giat Berlatih Soal-soal Tes


Setelah mengenali nilai-nilai dan bagian dari Akhlak BUMN, peserta juga perlu berlatih soal ujian. Tak harus mengikuti kursus atau les, contoh soalnya kini bisa dijumpai dengan mudah di internet.

Kumpulan contoh soal tes Akhlak BUMN di internet mungkin tidak sepenuhnya akurat. Kendati begitu, setidaknya contoh-contoh tersebut bisa menjadi gambaran mengenai soal-soal ujian yang nantinya keluar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1830 seconds (0.1#10.140)