Mau Lolos Tes? Ketahui 4 Penyebab Kegagalan UTBK-SNBT Berikut Ini

Senin, 29 April 2024 - 13:30 WIB
loading...
Mau Lolos Tes? Ketahui 4 Penyebab Kegagalan UTBK-SNBT Berikut Ini
Salah satu hal yang bisa menyebabkan kegagalan di UTBK-SNBT adalah jika peserta tes datang terlambat karena mengacu tahun-tahun sebelumnya jika itu terjadi peserta dilarang ikut ujian. Foto/laman Unsoed
A A A
JAKARTA - Ini 4 hal yang bisa menyebabkan kegagalan di UTBK-SNBT. Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK-SNBT) gelombang pertama dimulai pada 30 April 2024 besok.

Para peserta wajib mempersiapkan diri agar lancar dan lolos UTBK. Selain itu peserta wajib berhati-hati terjadap hal-hal yang bisa menyebabkan kegagalan di UTBK-SNBT. Apa itu? Artikel kali ini akan membahasnya, simak ya!

4 Penyebab Kegagalan di UTBK-SNBT


1. Proses pendaftaran tak sesuai


Proses pendaftaran yang tidak sesuai dengan ketentuan dapat berakibat fatal. Salah satu contohnya adalah memasang foto yang tidak sesuai ketentuan sebagai foto identitas yang tertera pada kartu peserta UTBK-SBMPTN 2021. Hal hal itu misalkan foto yang tidak semestinya, foto selfie tidak serius, foto membelakangi kamera, foto berbanyak, dan foto tidak kelihatan wajahnya.

2. Tidak membawa kartu identitas


Kartu identitas peserta merupakan salah satu hal yang wajib dibawa peserta ketika mengikuti pelaksanaan UTBK-SBMPT 2021. Dengan demikian, tidak membawa kartu identitas merupakan salah satu bentuk pelanggaran yang menyebabkan peserta tidak dapat mengikuti ujian dan mendapatkan sertifikat.


3. Membawa HP ke ruang ujian


Pelanggaran lain yang dapat menyebabkan peserta UTBK-SBMPTN 2021 tidak berhak menerima sertifikat nilai adalah membawa telepon genggam atau handphone (HP) ke ruang ujian.

4. Datang terlambat


Mengacu pada pelaksanaan tahun-tahun sebelumnya, peserta yang terlambat hadir di tempat pelaksanaan UTBK-SBMPTN biasanya tidak diperkenankan mengikui ujian, maupun mendapatkan ujian susulan. LTMPT telah memastikan bahwa tidak ada ujian susulan bagi peserta yang terlambat hadir.

Jadwal dan Tahapan Pelaksanaan UTBK-SNBT


• Pendaftaran UTBK-SNBT: 21 Maret-5 April 2024

• Pelaksanaan UTBK Gelombang 1: 30 April dan 2-7 Mei 2024

• Pelaksanaan UTBK Gelombang 2: 14-20 Mei 2024

• Pengumuman hasil SNBT: 13 Juni 2024

• Masa unduh Sertifikat UTBK: 17 Juni-31 Juli 2024
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0854 seconds (0.1#10.140)