FT dan FTan UMJ Gelar Forum Ilmiah untuk Optimalkan Teknologi

Jum'at, 03 Mei 2024 - 12:20 WIB
loading...
FT dan FTan UMJ Gelar...
Fakultas Teknik (FT) dan Fakultas Pertanian (FTan) UMJ berkolaborasi untuk mengoptimalkan teknologi dengan menggelar SEMNASTEK 2024 serta ICECREAM 2024. Foto/UMJ.
A A A
JAKARTA - Dunia mengalami berbagai tantangan dengan perubahan teknologi yang masif. Termasuk bagi perguruan tinggi yang semakin kompetitif perkembangannya.

Atas dasar ini, Fakultas Teknik (FT) dan Fakultas Pertanian (FTan) Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) berkolaborasi untuk mengoptimalkan teknologi dengan melaksanakan Seminar Nasional dan Teknologi Tahun 2024 (SEMNASTEK 2024), serta International Conference On Engineering, Construction, Renewable Energy, And Advanced Materials (ICECREAM) 2024.

Forum yang bertemakan Synergizing Sustainable Technologies Towards Resilient Future tersebut menjadi ajang untuk mengoptimalkan teknologi yang ada saat ini tanpa menghilangkan ruh-ruh engineering yakni sains dan teknologi.

Baca juga: Beasiswa LPDP Telkom University 2024 Tahap 2 Dibuka Juni, Ini Persyaratannya

Wakil Rektor I UMJ Dr. Muhammad Hadi mengapresiasi kegiatan FT dan FTan karena kedua fakultas memiliki bidang ilmu yang saling berkaitan.

“Ini merupakan suatu keselarasan antara visi UMJ dengan akreditasi Unggul yang diraih. Tentunya orientasi akreditasi Unggul adalah bagaimana pengembangan keilmuan ini dapat berorientasi pada lingkup internasional dan Alhamdulillah mitra yang menjalin dalam forum ini adalah di tingkat internasional,” katanya, melalui siaran pers, Jumat (3/5/2024).

Ia berharap di SEMNASTEK dan ICECREAM yang akan datang, FT dapat berkolaborasi dengan fakultas lain tidak hanya dengan FTan saja tetapi dengan fakultas yang ada kaitan keilmuannya, terutama fakultas kesehatan karena saat ini teknologi sudah merambat ke berbagai aspek.

Baca juga: Peserta Tunanetra UTBK 2024 di UI Ini Belajar dari Buku Soal dan Internet agar Lulus SNBT

Dekan FT UMJ Dr. Ir. Irfan Purnawan mengatakan, SEMNASTEK sudah berlangsung sembilan kali sedangkan ICECREAM ketiga kali. Menurutnya kolaborasi kedua fakultas akan dapat dilanjutkan bersama fakultas lain di kemudian hari, baik di fakultas UMJ maupun kampus lain dengan harapan FT UMJ bisa melebarkan sayap baik di dalam maupun luar negeri.

“Ada yang berbeda juga dengan SEMNASTEK dan ICECREAM kali ini yaitu adanya lomba untuk mahasiswa serta siswa. Jadi bukan hanya dosen yang mempunyai wawasan global tentang keteknikan, tetapi juga mahasiswa dengan kompetensinya untuk dikompetisikan. Untuk siswa, tentunya menjadi ajang promosi bagi kami sehingga kelak mereka dapat memilih FT dan FTan di UMJ untuk berkuliah,” tambah Irfan.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3867 seconds (0.1#10.140)