Jangan Sembarangan Pilih Prodi! Ini 16Jurusan dengan Lulusan Mudah Terserap Dunia Kerja

Senin, 06 Mei 2024 - 11:20 WIB
loading...
Jangan Sembarangan Pilih Prodi! Ini 16Jurusan dengan Lulusan Mudah Terserap Dunia Kerja
Perkembangan Teknologi Informasi yang semakin pesat membuat lulusan Jurusan Teknik Informatika menjadi salah satu jurusan yang lulusan banyak dibutuhkan di masa depan. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini daftar 16 jurusan kuliah yang lulusannya mudah terserap dunia kerja . Lulusan sebuah jurusan kuliah yang mudah mendapatkan pekerjaan menjadi salah satu faktor pertimbangan calon mahasiswa memilih program studi di perguruan tinggi.

Ada banyak jurusan kuliah di universitas yang bisa kamu pilih sesuai bakat dan minat. Harapannya, jurusan kuliah dipilih bisa membuatmu langsung terserap di dunia kerja. Jurusan apa saja yang lulusannya mudah terserap di dunia kerja? Mengutip berbagai sumber termasuk dari laman Kita Lulus, artikel kali ini akan membahasnya, simak ya!

16 Jurusan kuliah yang Lulusannya Mudah Terserap di Dunia Kerja


1. Teknik Informatika


Perkembangan Teknologi Informasi makin pesat, lulusan Jurusan Teknik Informatika makin dibutuhkan sekarang dan di masa depan. Tak hanya mudah dapat pekerjaan setelah lulus, Jurusan Teknik Informatika juga bisa mendapatkan gaji besar. Lulusan Jurusan Teknik Informatika, selain bisa bekerja sebagai full time atau karyawan tetap di suatu perusahaan, juga bisa memilih menjadi freelancer dan bekerja dari mana saja.

Sebagai freelancer, lulusan Teknik Informatika bisa mendapatkan klien tidak hanya dari perusahaan dalam negeri, tetapi juga luar negeri sehingga range gajinya berupa dollar.

2.Ilmu Komunikasi


Lulusan dari jurusan Ilmu Komunikasi banyak dicari di perusahaan yang membutuhkan seorang digital marketer. Lulusan dari Jurusan Ilmu Komunikasi akan lebih memahami bidang kerja ini dibanding yang belajar otodidak karena mereka dididik oleh dosen yang profesional dan mahir di bidangnya.

3. Akuntansi


Perusahaan di bidang apa pun pasti membutuhkan seorang akunting. Tidak hanya untuk mengatur keuangan perusahaan, tetapi lulusan Jurusan Akuntansi juga akan mengatur pembayaran pajak yang sifatnya wajib.

Di Jurusan Akuntansi ada berbagai konsentrasi, yaitu general accounting, auditing, management accounting, governmental accounting, budgetary accounting, educational accounting, cost accounting, tax accounting, sistem informasi akuntansi, social accounting, international accounting, hingga akuntansi perbankan.

4.Teknik Kimia/Kimia Murni


Jurusan Teknik Kimia dan Kimia Murni mempelajari disiplin ilmu yang beragam. Sehingga pengetahuan lulusannya juga menjadi lebih luas dengan disiplin bidang kerjanya beragam.

Misalnya saja kamu bisa bekerja di dunia skincare, makanan, atau BPOM. Utamanya BPOM, mereka akan sangat membutuhkan lulusan dari Jurusan Teknik Kimia atau Kimia Murni untuk direkrut menjadi pegawainya.


5.Kedokteran atau Keperawatan

Satu lagi jurusan kuliah yang mudah mendapatkan pekerjaan adalah Jurusan Kedokteran atau Keperawatan atau jurusan kuliah bidang kesehatan lainnya.

Pasalnya orang yang tahu bidang kesehatan akan selalu dibutuhkan rumah sakit atau perusahaan lainnya. Kebutuhan akan dokter dan perawat, terutama untuk ditempatkan di daerah 3T (terluar, terpencil, dan tertinggal). Biasanya, dokter dan perawat yang ditempatkan di daerah ini akan diberi kontrak khusus oleh pemerintah sehingga tentu saja gajinya tidak main-main.

6.Farmasi


Sama seperti kemajuan teknologi dan internet, kemajuan bidang kesehatan juga berkembang pesat, terutama di sektor obat-obatan. Sehingga lulusan Jurusan Farmasi juga akan mudah mendapatkan pekerjaan setelah lulus.

Bahkan Jurusan Farmasi menjadi jurusan kuliah yang mudah dapat kerja dan gaji besar. Lulusan Jurusan Farmasi juga dapat mendirikan apotek yang nantinya bisa bekerja sama dengan dokter atau rumah sakit tertentu.

7. Teknik Industri


Jurusan kuliah yang mudah mendapatkan pekerjaan berikutnya adalah Jurusan Teknik Industri. Jurusan ini mempelajari ilmu selain eksakta. Mulai dari sistem produksi, keselamatan dan kesehatan lingkungan kerja, proses manufaktur, perancangan dan pengembangan produk, serta teknik dan perancangan sistem.

Banyak perusahaan besar memiliki posisi khusus untuk mengatur SOP supaya keselamatan kerja terjamin, lulusan dari jurusan ini akan banyak diincar.

8. Arsitektur


Jurusan Arsitektur termasuk jurusan kuliah yang mudah mendapatkan pekerjaan bahkan bisa mendapatkan gaji tinggi. Seorang arsitek tidak hanya bekerja untuk merancang bangunan pribadi seperti rumah, tetapi juga berbagai bangunan dan fasilitas umum yang diatur pemerintah. Mulai dari taman kota, rumah susun, bangunan kantor, hingga bandara.

9. Manajemen dan Bisnis


Lulusan Jurusan Manajemen dan Bisnis tidak perlu khawatir dengan peluang kerja yang bisa didapatkan usai lulus nantinya. Skill yang dimiliki lulusan ini akan sangat dibutuhkan oleh perusahaan untuk membuat bisnisnya bertumbuh, utamanya kemampuan analisis data dan strategi marketing yang andal.

10. Bahasa dan Sastra


Satu lagi jurusan dari bidang sosial humaniora yang ketika lulus bisa mudah mendapatkan pekerjaan. Bahkan tidak menutup kemungkinan bisa mendapat nominal gaji tinggi, yaitu Jurusan Bahasa dan Sastra.

Ada banyak jurusan di bidang ini, mulai dari Indonesia, Inggris, Mandarin, Korea, Jepang, Rusia, Prancis, dan bahasa asing lainnya. Khusus untuk bahasa asing, kamu bisa menjadi seorang interpreter dan penerjemah yang akan dibutuhkan di banyak sektor bisnis, bahkan untuk delegasi negara saat acara besar dan resmi.

11. Desain Komunikasi Visual (DKV)


Maraknya pemasaran digital, banyak perusahaan yang membangun branding melalui media sosial sehingga tentu saja dibutuhkan peran desainer grafis. Lulusan DKV akan dicari oleh banyak perusahaan, baik lokal, regional, hingga global. Kamu juga bisa membuat desain yang dijual dengan harga tinggi di platform seperti Freepik, Shutterstock, dan lainnya.

12. Software Engineer / IT


Dunia saat ini semuanya serba digital. Kemajuan teknologi juga sangat pesat. Oleh karena itu, lulusan jurusan IT sangat diminati di banyak perusahaan.

Setelah lulus, mahasiswa Software Engineer dapat bekerja di perusahaan yang menyediakan layanan pemrograman perangkat lunak. Atau pabrik atau perusahaan dagang yang menyediakan dan memelihara aplikasi dan perangkat lunak untuk penggunaan internal.

13. Teknik Elektro


Jurusan Elektro juga termasuk jurusan kuliah yang mudah mendapatkan pekerjaan. Ilmu yang dimiliki lulusan Jurusan Teknik Elektro akan sangat dibutuhkan perusahaan baik swasta maupun pemerintah.

Pasalnya, digitalisasi berhubungan erat dengan mesin komputer dan arus listrik. Tentu saja, peran lulusan Jurusan Teknik Elektro juga akan sangat dibutuhkan.

14. Teknik Komputer


Masih berkaitan dengan bidang teknologi informasi, lulusan Jurusan Teknik Komputer juga menjadi jurusan kuliah yang mudah mendapatkan pekerjaan. Lulusan sistem komputer juga jadi yang banyak sekali dicari terkait dengan perkembangan teknologi saat ini.

15. Statistika


Siswa yang suka dengan matematika, Jurusan Statistika bisa kamu pertimbangkan. Jurusan ini juga masuk dalam daftar jurusan kuliah yang mudah mendapatkan pekerjaan.

Jurusan Statistika mempersiapkan mahasiswa untuk berkarier di bidang statistik, keuangan, dan banyak bidang bisnis lainnya. Lulusannya diperlukan untuk penelitian, analisis, dan evaluasi proyek.

16. Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan


Di masa yang akan datang, perkembangan robot tentunya akan makin maju. Lulusan jurusan ini juga masuk dalam daftar jurusan kuliah yang mudah mendapatkan pekerjaan.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2666 seconds (0.1#10.140)