11 PTN di SMMPTN Barat 2024 Sediakan Jalur Afirmasi, Cek Daftarnya

Selasa, 07 Mei 2024 - 11:17 WIB
loading...
11 PTN di SMMPTN Barat 2024 Sediakan Jalur Afirmasi, Cek Daftarnya
Peluncuran SMMPTN Barat 2024 yang dihadiri Dirjen Diktiristek dan pimpinan dan anggota BKS PTN Barat. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Pendaftaran SMMPTN Barat 2024 telah dibuka hingga 20 Juni 2024. Ada jalur afirmasi bagi putra/putri daerah hingga anak dosen di beberapa kampus yang tergabung di SMMPTN Barat 2024.

Wakil Ketua Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Konsorsium Badan Kerja Sama Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat 2024 (SMMPTN Barat) 2024 Prof Ibrahim mengatakan, SMMPTN Barat menyediakan kekhususan atau afirmasi bagi putra putri daerah, anak dosen atau tenaga kependidikan (tendik), dan juga siswa dengan kemampuan ekonomi terbatas.

Baca juga: Seleksi Mandiri SMMPTN Barat 2024 Dibuka, Ini Daftar 25 PTN yang Bisa Dipilih

Mengenai mekanismenya, ujarnya, tentu ada mekanisme yang ditentukan. Terlebih penerimaan SMMPTN Barat ini diawasi juga oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sehingga tidak boleh sembarangan.

"Jadi putra putri daerah itu dipastikan dulu masuk dalam proses perankingan yang memenuhi kualifikasi," katanya dalam keterangan resmi, dikutip Selasa (7/5/2024).

Rektor Universitas Bangka Belitung (UBB) ini mengatakan, demi transparansi dan akuntabilitas maka calon mahasiswa afirmasi ini harus diumumkan secara terbuka oleh masing-masing perguruan tinggi.

Baca juga: Gagal SNBP dan SNBT? Ini 3 Jalur Masuk PTN yang Masih Buka hingga Juli 2024

Kemudian siswa tersebut harus sesuai dengan ranking akademik berdasarkan hasil tes. Oleh karena itu, siswa afirmasi itu pun harus mengikuti tes UTBK yang digelar panitia SMMPTN Barat lalu nanti daftarnya akan dipisahkan untuk digabungkan sendiri dalam kelompok afirmasi.

"Maka kita akan pastikan dulu mereka bersaing pada kluster yang sama. Nanti perangkingan dilakukan dengan TIK kita, kita ga tahu nama siapa dan ranking berapa," jelasnya.

Sementara itu, dikutip dari laman resmi SMMPTN Barat 2024, berikut ini daftar PTN yang menerima mahasiswa jalur afirmasi.

11 PTN yang Menyediakan Jalur Afirmasi di SMMPTN Barat 2024

1. Universitas Syiah Kuala


- Putra/putri daerah
- Anak dosen/tendik

2. Universitas Malikussaleh


- Anak dosen/tendik
- Forkopimda
:
3. Universitas Riau (untuk prodi Pendidikan Dokter)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0798 seconds (0.1#10.140)