Calon Mahasiswa Merapat, UIN Jakarta Buka Pendaftaran SPMB Mandiri Non-Reguler 2024

Selasa, 07 Mei 2024 - 12:19 WIB
loading...
Calon Mahasiswa Merapat, UIN Jakarta Buka Pendaftaran SPMB Mandiri Non-Reguler 2024
UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (UIN Jakarta) secara resmi membuka pendaftaran calon mahasiswa baru tahun akademik 2024/2025 melalui jalur Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Mandiri Non-Reguler. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (UIN Jakarta) secara resmi membuka pendaftaran calon mahasiswa baru tahun akademik 2024/2025 melalui jalur Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Mandiri Non-Reguler. Untuk info lengkapnya, artikel kali ini akan membahasnya, simak ya!

SMPB Mandiri Non-Reguler UIN Jakarta Tahun 2024


Terdapat 6 jenis seleksi di jalur SPMB Mandiri Non-Reguler yang ditawarkan UIN Jakarta kepada para calon mahasiswa/peminat kuliah jenjang sarjana UIN Jakarta.

Mengutip laman resmi UIN Jakarta, sesuai jadwal penerimaan yang telah ditetapkan, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta mulai hari Senin, 6 Mei 2024 membuka pendaftaran masuk jalur SPMB Mandiri Non-Reguler

Diketahui, di jalur SPMB Mandiri Non-Reguler, UIN Jakarta menawarkan 6 jenis seleksi. Keenamnya, yaitu Seleksi Jalur Prestasi, Talent Scouting, Pemerataan Kesempatan Belajar bagi calon mahasiswa dari kawasan 3T (daerah tertinggal, terdepan, dan terluar), Beasiswa BLU, dan seleksi Mahasiswa Internasional.

Berikut penjelasan lebih lanjut untuk jalur-jalur penerimaan tersebut:


1. Jalur Prestasi


Jalur Prestasi merupakan seleksi yang diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang memiliki prestasi di tingkat Nasional maupun Internasional, baik di bidang akademik (olimpiade sains, penulisan karya tulis ilmiah, Qiroatul Kutub dan lain nya) maupun non akademik (olahraga, seni, dan tahfidz Alquran minimal 15 juz). Ada delapan fakultas yang membuka pendaftaran di jalur ini.

Kedelapan fakultas dimaksud adalah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan; Fakultas Adab dan Humaniora; Fakultas Ushuluddin; dan Fakultas Syariah dan Hukum. Lalu, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, Fakultas Dirasat Islamiyah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis; dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

2. Talent Scouting


Talent scouting merupakan seleksi yang diselenggarakan secara terbatas kepada sekolah yang telah memiliki Nota Kesepahaman (MoU) dengan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan/atau memiliki Perjanjian Kerjasama (MoA) dengan Fakultas di lingkungan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Proses seleksi pola ini dilakukan dengan penilaian terhadap: 1) Evaluasi nilai rapor kelas 10 semester 1 s.d. kelas 12 semester 5; 2) Bukti prestasi (piagam atau sertifikat); dan, 3) Hasil wawancara oleh Tim Fakultas.


3. Seleksi Pemerataan Kesempatan Belajar


Seleksi Pemerataan Kesempatan Belajar merupakan jenis seleksi yang ditawarkan di jalur SPMB Mandiri Non-Reguler. Seleksi ini diberikan untuk memberi kesempatan belajar di UIN Jakarta bagi para calon mahasiswa dari wilayah Indonesia yang tergolong sebagai daerah Tertinggal, Terluar dan Terdepan (3T) berdasarkan Perpres Nomor 63 Tahun 2020 tentang Penetapan Daerah Tertinggal 2020-2024.

Proses seleksi pemerataan kesempatan belajar dilakukan dengan penilaian terhadap: 1) Bukti domisili sesuai wilayah Tertinggal, Terluar dan Terdepan (3T) dengan dibuktikan oleh KTP dan Kartu Keluarga dari wilayah domisili); 2) Evaluasi nilai rapor kelas 10 semester 1 s.d. kelas 12 semester 5; dan 3) Hasil wawancara oleh Tim Fakultas.

4. Seleksi Beasiswa BLU


Seleksi Beasiswa BLU merupakan seleksi bagi calon mahasiswa penerima beasiswa pada fakultas dan program studi tertentu di lingkungan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Kriteria penerima beasiswa ditentukan oleh program studi masing-masing.Proses seleksi Beasiswa BLU dilaksanakan dengan penilaian terhadap : 1) Evaluasi nilai rapor kelas 10 semester 1 s.d. kelas 12 semester 5; 2) Bukti prestasi (piagam atau sertifikat); dan 3) Hasil wawancara yang dilakukan oleh Tim Fakultas.

Beberapa Prodi yang ditawarkan di seleksi ini antara lain Bahasa dan Sastra Arab, Sejarah dan Peradaban Islam, Tarjamah, Studi Agama-Agama, Aqidah dan Filsafat Islam, Ilmu Alquran dan Tafsir, Ilmu Hadist, Tasawuf. Lalu, Perbandingan Mazhab dan Dirasat Islamiyah.

5. Seleksi Berdasarkan Hasil Nilai UTBK-SNBT & UM-PTKIN


Seleksi ini merupakan penerimaan mahasiswa baru dengan menggunakan hasil nilai UTBK-SNBT atau UM-PTKIN Tahun 2024. Peserta seleksi berdasar hasil UTBK-SNBT harus berasal dari luar Provinsi DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat dengan mengupload sertifikat nilai UTBK-SNBT Tahun 2024.

Beberapa Prodi ditawarkan di jenis seleksi ini adalah Pendidikan Matematika, Pendidikan Kimia, Bahasa dan Sastra Inggris, Ilmu Perpustakaan, Ilmu Hukum, Jurnalistik, dan Kesejahteraan Sosial. Lalu, Manajemen, Akuntansi, Ekonomi Pembangunan, Sosiologi, Ilmu Politik, dan Ilmu Hubungan Internasional.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7220 seconds (0.1#10.140)