Dana Desa akan Perkuat Pengembangan Perpustakaan di Daerah

Rabu, 08 Mei 2024 - 17:22 WIB
loading...
Dana Desa akan Perkuat Pengembangan Perpustakaan di Daerah
Pemerintah akan memanfaatkan dana desa untuk pengembangan perpustakaan di desa. Foto/Dok/MPI.
A A A
JAKARTA - Pemerintah akan memanfaatkan dana desa untuk pengembangan perpustakaan di desa. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan literasi bagi warga desa.

Sekretaris Utama Perpustakaan Nasional RI (Perpusnas) Joko Santoso mengatakan, Perpusnas dan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes) berencana untuk menandatangani surat edaran pemanfaatan dana desa untuk perpustakaan di desa.

"Khususnya di dalam pembangunan perpustakaan desa, pengembangan sarana prasarana perpustakaan desa, dan operasional perpustakaan desa," katanya pada jumpa pers Rakornas Bidang Perpustakaan dan HUT Perpusnas 2024, di Jakarta, Kamis (8/5/2024).

Dia menjelaskan, perpustakaan desa merupakan satu entitas penting dalam upaya penguatan budaya baca dan literasi masyarakat desa. Terlebih populasi Indonesia itu lebih banyak masyarakat di desa daripada di perkotaan.

Sementara itu, Perpusnas akan menggelar Rapat Koordinasi (Rakornas) Bidang Perpustakaan Tahun 2024. Joko menyampaikan Rakornas akan membahas tiga program besar yang menjadi fokus utama Perpusnas pada 2024.

Program tersebut berupa penguatan budaya baca dan literasi, pengarus-utamaan naskah nusantara serta standardisasi dan pembinaan tenaga perpustakaan yang ditujukan untuk pemetaan perpustakaan sesuai standar nasional perpustakaan (SNP).

“Ini merupakan upaya kita untuk terus melakukan akselerasi berbagai kegiatan terkait perubahan program terbaru di era disrupsi perubahan demografi,” ungkapnya.

Dia mengatakan generasi milenial dan generasi Z menjadi fokus Perpusnas, terutama dalam penguatan budaya baca. Banyak hal yang dilakukan, lanjutnya, salah satunya akselerasi penggunaan gawai untuk platform perpustakaan digital yakni iPusnas.

“Sekarang sudah banyak jutaan buku-buku digital yang dapat diakses, salah satunya iPusnas. iPusnas juga sudah direplikasi di 256 perpustakaan digital di daerah,” katanya.

Selain itu, upaya yang dilakukan adalah menempatkan pojok baca digital di area publik, bukan di perpustakaan. Perpusnas juga memberikan bantuan mobil perpustakaan keliling (MPK) yang melayani pelosok Indonesia terutama desa yang memiliki akses jauh dari perpustakaan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1151 seconds (0.1#10.140)