Mengenal Latsitardanus, Tahapan Penting Seorang Taruna untuk Dilantik menjadi Perwira

Jum'at, 10 Mei 2024 - 13:33 WIB
loading...
Mengenal Latsitardanus, Tahapan Penting Seorang Taruna untuk Dilantik menjadi Perwira
Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara (Latsitardanus) merupakan tahapan penting seorang taruna menjadi perwira. Foto/Laman Humas Polri.
A A A
JAKARTA - Latsitardanus adalah singkatan dari Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara. Ini adalah kegiatan integrasi taruna dan taruni akademi TNI dan kepolisian serta sekolah kedinasan .

Kegiatan integrasi Latsitarda Nusantara ini biasanya digelar satu tahun sekali pada periode akhir pendidikan taruna tingkat akhir atau tingkat empat.

Laman Humas Polri menyebutkan, Latsitardanus diikuti oleh taruna TNI, Taruna Akpol, Taruna Praja IPDN, Taruna Poltek Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN), dan Universitas Pertahanan (Unhan).

Baca juga: Pendaftaran Taruna Akmil TNI AD 2024, Berikut Link dan Persyaratannya

Latsitardanus 2024 digelar di Balikpapan, Kalimantan Timur dan diikuti oleh kurang lebih 1.840 taruna dan taruni. Ini merupakan realisasi kegiatan integrasi taruna pada akhir ajaran sebelum menyelesiakan tugas pendidikan dan dilantik menjadi perwira oleh Presiden RI pada Juli 2024 mendatang.

Para taruna yang akan mengikuti Latsitarda Nusantara akan melakukan kegiatan dalam bentuk sasaran fisik karya bhakti berupa perbaikan rumah ibadah, perbaikan pos kamling.

Baca juga: Kapan Jadwal Tes Akpol, Bintara, dan Tamtama Polri 2024? Tandai Kalendermu

Mereka juga akan melakukan perbaikan rumah tidak layak huni, pembersihan saluran air/drainase, pembersihan sungai, perbaikan dan pengaspalan jalan/pavingisasi, pembuatan tugu Latsitarda dan desa digital.

Sementara bentuk kegiatan non fisik berupa riset sosial, penyuluhan tentang kesehatan bahaya narkoba, wisata sejarah dan pendidikan kesadaran bela negara, promosi Akademi TNI, Akpol, Poltek SSN, kadet Unhan, dan IPDN.

Ribuan peserta Latsitardanus 2024 ini akan melakukan latihan gabungan dan akan ditempatkan di lima kabupaten kota di Kalimantan Timur seperti Paser dan Penajam paser Utara, Kutai Kertanegara, Samarinda, dan Balikpapan.

Demikian informasi mengenai Latsitardanus atau Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara yang ditujukan bagi para taruna dan taruni serta mahasiswa. Semoga informasi ini bermanfaat.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2311 seconds (0.1#10.140)