Siapkan SDM Pariwisata Unggul, Ratusan Mahasiswa Ikut KPI ke-14 di Polban

Jum'at, 17 Mei 2024 - 09:15 WIB
loading...
Siapkan SDM Pariwisata Unggul, Ratusan Mahasiswa Ikut KPI ke-14 di Polban
Politeknik Negeri Bandung (Polban) menggelar Kompetisi Pariwisata Indonesia (KPI) ke-14. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Politeknik Negeri Bandung (Polban) menggelar Kompetisi Pariwisata Indonesia (KPI) ke-14. Kompetisi ini tidak hanya sebagai ajang untuk mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) di bidang pariwisata, tetapi juga mendorong pariwisata berkelanjutan yang ramah lingkungan.

Kompetisi yang berlangsung pada 15 s.d. 17 Mei 2024 ini merupakan ajang tahunan yang diselenggarakan oleh mahasiswa Program Studi (Prodi) Usaha Perjalanan Wisata, Jurusan Administrasi Niaga yang berkolaborasi dengan program studi lainnya.

Sejalan dengan Gerakan Merdeka Belajar yang digaungkan oleh Kementerian, Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), kegiatan ini menjawab tantangan perkembangan pariwisata Indonesia yang pesat.

Baca juga: Jalur Masuk Poltekkes Kemenkes Jakarta II dan Biaya Kuliahnya, Cek Yuk

Tahun ini KPI berfokus pada pentingnya pariwisata berkelanjutan dengan tema “Connecting to Tourism for Environmental Sustainability”.

“Tema ini menghubungkan konsep pariwisata dengan alam. Tentu kita berharap tidak hanya sebatas ditumbuhkan, tapi juga bisa diimplementasikan oleh pelaku pariwisata nantinya,” jelas Marwansyah, melalui siaran pers, Jumat (17/5/2024).

Menurut Marwansyah, ajang ini pun menjadi cara mahasiswa Polban untuk mengasah kompetensi event management bertaraf internasional. Dengan semangat Merdeka Belajar, mahasiswa dapat mengekspresikan kreativitas dalam mengkonsepkan sebuah acara.

“Output untuk mahasiswa Polban adalah dapat terlatih di bidang pariwisata dan hospitality terutama dalam penyelenggaraan event yang berkelanjutan sehingga memiliki kompetensi dan pengalaman. Selain itu, juga dapat menggelorakan semangat pariwisata Indonesia yang berkelanjutan,” pungkas Marwansyah.

Baca juga: 7 Kampus Kedinasan Pertanian 2024 Lengkap dengan Pilihan Prodinya, Cek Daerahmu

KPI ke-14 menghadirkan kompetisi baru, yaitu Cycle Eco-bition sebagai bentuk pengimplementasian dari rasa kepedulian dan sadar akan lingkungan sekitar. Kompetisi pameran ini merupakan karya hasil daur ulang sampah yang diharapkan dapat memberikan dampak positif yang berkelanjutan.

KPI: Kompetensi Bergengsi di Bidang Pariwisata Ajang Mahasiswa Berkarya


Sebagai bentuk Merdeka Belajar, kompetisi menjadi salah satu bentuk cara belajar mahasiswa. Terdapat kurang lebih 430 orang mahasiswa pariwisata di seluruh Indonesia dan perwakilan mahasiswa dari Jerman yang mengikuti KPI ke-14.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2446 seconds (0.1#10.140)
pixels