Mau Pendaftaran PPDB Lancar? Orang Tua Perhatikan 4 Hal Ini

Rabu, 29 Mei 2024 - 13:56 WIB
loading...
Mau Pendaftaran PPDB Lancar? Orang Tua Perhatikan 4 Hal Ini
Dalam pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan baik orang tua maupun calon siswa agar proses pendaftaran dan seleksi berjalan lancar. Foto ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 4 hal yang perlu diperhatikan agar proses pendaftaran PPDB terhindar dari kegagalan. Dalam pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan baik orang tua maupun calon siswa agar proses pendaftaran dan seleksi berjalan lancar. Apa saja? Artikel kali ini akan membahasnya, simak ya!

Empat Hal yang Perlu Jadi Fokus Agar Pendaftaran PPDB Lancar


1. Perhatikan Jadwal Pendaftaran


Jadwal pendaftaran harus menjadi prioritas utama bagi para calon peserta didik dan orang tua. Kehadiran yang teratur dan tidak melewatkan jadwal akan memastikan partisipasi yang tepat waktu.

Kecuali ingin risiko kehilangan jadwal dan kesempatan mendaftar, pastikan untuk mengingat dan mematuhi jadwal yang telah ditetapkan.

2. Simpan Data Pendaftaran dengan Baik


Setelah mendaftar, sangat penting untuk menyimpan data pendaftaran dengan aman. Terutama bagi mereka yang mendaftar melalui warnet, mencetak atau menyimpan hasil pendaftaran dengan baik sangat dianjurkan.

Ini akan memastikan bahwa saat pelaksanaan pemilihan sekolah, tidak ada kebingungan terkait nomor pendaftaran atau kehilangan dokumen penting lainnya.


3. Persiapkan Berkas dengan Teliti


Persiapkan semua berkas yang diperlukan sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan oleh sekolah. Memastikan kelengkapan berkas akan memudahkan proses seleksi dan mencegah kemungkinan penundaan atau masalah lainnya. Misalnya, untuk jenjang pendidikan SD, penting untuk memiliki Kartu Keluarga (KK) sesuai permintaan sekolah.

Contoh berkas lainnya adalah sidanira untuk siswa yang mau masuk ke jenjang SMP dan SMA. Sidanira silakan minta ke sekolahnya masing-masing khusus yang berada di DKI Jakarta

4. Pilih Sekolah dengan Bijak


Setelah lolos seleksi, perhatikan bahwa setelah memilih sekolah, tidak ada lagi kesempatan untuk memilih sekolah lain. Penting untuk mempertimbangkan dengan matang pilihan sekolah yang diinginkan, terutama dalam jalur zonasi. Kegagalan untuk melaporkan diri atau menolak masuk ke sekolah yang telah dipilih dapat mengakibatkan pembatalan pendaftaran di tahap selanjutnya
(wyn)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1789 seconds (0.1#10.140)
pixels