Daftar Beasiswa LPDP 2024 Tahap 2 Bisa Tanpa LoA, Begini Caranya

Kamis, 30 Mei 2024 - 13:30 WIB
loading...
Daftar Beasiswa LPDP 2024 Tahap 2 Bisa Tanpa LoA, Begini Caranya
Salah satu syarat penting daftar beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) tahap 2 adalah Letter of Acceptance atau LoA. Foto ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Begini cara mendaftar beasiswa LPDP 2024 tahap 2 tanpa LoA yang perlu diketahui. Salah satu syarat penting daftar beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) tahap 2 adalah Letter of Acceptance atau LoA. LoA adalah surat keterangan yang menandakan mahasiswa sudah diterima kampus tujuan. Dokumen ini penting sekali kedudukannya ketika ingin mendapat beasiswa LPDP.

Lalu bagaimana jika calon pendaftar beasiswa LPDP Tahap 2 tahun 2024 belum punya LoA? Apakah tidak bisa mendaftar? Untuk menjawab pertanyaan itu, artikel kali ini akan membahasnya, simak ya!

Tetap Bisa Daftar Beasiswa LPDP Meski Belum Dapat LoA


Dilansir dari laman LPDP, calon mahasiswa bisa mendaftar beasiswa meski belum mendapat kampus atau tidak memegang LoA.
"Tidak ada perbedaan atau prioritas antara mendaftar dengan LoA maupun non-LoA dalam menentukan kelulusan kamu mendapat beasiswa LPDP," tulis keterangan LPDP yang diakses pada Selasa, (28/5/2024).

Jika calon mahasiswa dinyatakan lulus dan layak menerima beasiswa LPDP 2024 tahap 2, maka akan diberikan waktu selama 18 bulan untuk mencari LoA. Tentunya waktu ini sangat cukup untuk kamu bisa mencari kampus idaman yang sudah didaftarkan di aplikasi beasiswa LPDP.

Calon mahasiswa juga bisa mendapat Letter of Sponsorship (LoS) yaitu surat keterangan yang menyatakan dukungan pendanaan dari LPDP. LoS dapat disertakan saat mencari LoA dan bisa menambah peluangmu untuk diterima di kampus idamanmu.

Perlu diketahui, LoA dikeluarkan penuh oleh kampus atau program studi tujuan. Segala persyaratan dan tata cara dapat LoA bisa kamu cari di kampus atau program studi pilihanmu.



Sampai saat ini LPDP menerima dua jalur pendaftaran beasiswa berdasarkan status kepemilikan LoA. Calon mahasiswa bisa mendaftar seleksi beasiswa LPDP dengan maupun tanpa LoA.

Untuk yang sudah memiliki LoA atau sudah mendapat kampus terlebih dahulu, LPDP menerima LoA Unconditional atau LoA yang telah terbit tanpa adanya syarat kondisional yang perlu dilunasi lagi. Lalu bagaimana bila statusnya masih memegang LoA Conditional?

Apakah tidak bisa mendaftar seleksi beasiswa LPDP jalur menggunakan LoA? Jawabnya tetap bisa. Namun ada syarat-syarat ikutan yang wajib diketahui. Yaitu apabila yang belum terpenuhi dalam LoA Conditional itu adalah dokumen fisik ijazah dan transkrip nilai, sponsor pendanaan, dan syarat lain yang sekiranya tidak berisiko mengubah status sebagai calon mahasiswa terpilih.

Mendaftar seleksi beasiswa LPDP dengan LoA juga menghindarkan kamu dari tahapan Seleksi Bakat Skolastik. Artinya, dari Seleksi Administrasi dan dinyatakan lolos bisa langsung ke tahap Seleksi Substansi atau proses wawancara terakhir yang akan menentukan kamu layak menerima beasiswa LPDP atau sebaliknya. Jadwal LPDP Tahap 2 Tahun 2024

Jadwal dan Tanggal Pendaftaran Beasiswa LDPD tahap 2 Tahun 2024


Pembukaan Pendaftaran: 19 Juni – 18 Juli 2024
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1677 seconds (0.1#10.140)
pixels