Mau Kuliah Gratis di ITB? Daftar Lewat Seleksi Mandiri 2024 Jalur KIP Kuliah

Jum'at, 31 Mei 2024 - 15:05 WIB
loading...
Mau Kuliah Gratis di...
ITB membuka penerimaan mahasiswa baru melalui Seleksi Mandiri 2024. Ada jalur KIP Kuliah di jalur seleksi mandiri ITB. Foto/ITB.
A A A
BANDUNG - ITB menyediakan jalur KIP Kuliah di jalur Seleksi Mandiri (SM-ITB). Berikut ini langkah pendaftaran seleksi mandiri bagi pemilik kartu KIP Kuliah sehingga bisa kuliah gratis.

Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah biasanya diketahui oleh masyarakat di jalur nasional Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan jalur Tes (SNBT).

Pendaftaran KIP Kuliah di Seleksi Mandiri ITB 2024


Namun di beberapa perguruan tinggi negeri, jalur KIP Kuliah ternyata dibuka di penerimaan mahasiswa baru jalur seleksi mandiri. Salah satunya di Institut Teknologi Bandung (ITB).

Baca juga: Mahasiswa Bergerak, KM ITB Tolak Kenaikan UKT dan Desak Rektorat Evaluasi Besaran IPI

Dikutip dari laman admisi ITB, Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) merupakan jalur penerimaan mahasiswa jenjang sarjana tanpa ada subdisi biaya.

Maka dari itu, mahasiswa yang diterima di SM ITB akan bertanggung jawab penuh untuk membiayai pendidikan program sarjananya di kampus yang pusatnya ada di Bandung, Jawa Barat ini.

Namun meski tidak ada subsidi biaya pendidikan, ternyata pada jalur SM-ITB ini kampus yang dipimpin Rektor Prof Reini Wirahadikusumah ini menyediakan jalur untuk pemilik kartu KIP Kuliah.

Baca juga: Biaya Kuliah dan Uang Pangkal Seleksi Mandiri ITB 2024, Pendaftaran Dibuka 21 Mei

Bagi pemegang kartu KIP Kuliah dan siswa dari wilayah 3T, ITBakan membebaskan biaya pendaftaran Seleksi Mandiri dan juga biaya pendidikan di ITB.

Biaya pendaftaran SM-ITB 2024 adalah sebesar Rp700 ribu per pendaftar. Sedangkan biaya kuliah yang sudah ditetapkan ITB telah dibatalkan dan akan diusulkan ulang ke Dirjen Diktiristek Kemendikbudristek.

Langkah Pendaftaran Seleksi Mandiri ITB dengan KIP Kuliah


Bagi yang ingin mendaftar Seleksi Mandiri ITB 2024 melalui KIP Kuliah kalian bisa lakukan dengan tahapan ini:

1. Buka laman admission.itb.ac.id
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5101 seconds (0.1#10.140)