10 Kampus dengan Jurusan Peternakan Terbaik di Indonesia, Ini Prospek Menjanjikan Lulusannya

Sabtu, 01 Juni 2024 - 10:43 WIB
loading...
10 Kampus dengan Jurusan Peternakan Terbaik di Indonesia, Ini Prospek Menjanjikan Lulusannya
Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) menjadi salah satu kampus peternakan terbaik di Indonesia. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 10 universitas dengan jurusan peternakan terbaik di Indonesia. Sudah lama Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya akan flora dan fauna, oleh sebab itu ada banyak ragam jenis hewan yang hidup di Indonesia. Salah satu yang dikenal adalah dunia peternakan. Mengutip akun kelas_snbt 2024, berikut 10 universitas dengan jurusan peternakan terbaik di Indonesia, simak ya!

10 Universitas Jurusan Peternakan Terbaik di Indonesia


1. Universitas Gadjah Mada (UGM)

2. Universitas Padjadjaran (Unpad)

3. Universitas Brawijaya (UB)

4. Institut Pertanian Bogor (IPB University)

5. Universitas Diponegoro (Undip)

6. Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed)

7. Universitas Sebelas Maret (UNS)

8. Universitas Andalas (Unand)

9. Universitas Lampung (Unila)

10. Universitas Sumatera Utara (USU)


Mengenal Jurusan Peternakan


Jurusan peternakan adalah jurusan yang mempelajari segala aspek yang berkaitan dengan hewan ternak, mulai dari pemeliharaan, pengelolaan, pengembangan teknologi, hingga pemasaran.

Mahasiswa jurusan ini juga akan belajar tentang pengembangan penelitian menggunakan bioteknologi. Selain itu, mereka juga akan dibekali dengan ilmu manajemen, teknik, dan gizi.

Tujuan dari jurusan peternakan adalah untuk menghasilkan lulusan yang mampu berkarya secara mandiri dan produktif, baik di lembaga swasta maupun instansi pemerintah. Lulusan jurusan peternakan juga diharapkan dapat berperan dalam bidang ilmu, penelitian, dan penerapannya.

Prospek Kerja Lulusan Jurusan Peternakan


1. Peternak


Mempelajari bidang pertanian dengan indepth dapat membuat kamu menjadi peternak yang handal. Jurusan ini akan membentuk mahasiswanya untuk dapat membuat sistem kandang dan memahami sistem manajemen ternak dengan ahli.

2. Dosen


Lulusan Peternakan juga dapat menjadi pekerjaan dosen sebagai salah satu pilihan. Dosen dengan ilmu ternak yang expert cukup dicari di dunia perguruan tinggi untuk membimbing mahasiswa.

3. Ahli Bioteknologi


Di jurusan ini, mahasiswa akan mempelajari tentang fisika, kimia, biologi, genetika hingga teknologi. Maka kombinasi pembelajaran ini dapat mendukung karier kamu sebagai ahli bioteknologi yang handal.

4. Penyuluh Peternakan


Penyuluh ternak adalah orang yang memiliki latar pendidikan peternakan dan memahami teknik peternakan. Sebagai penyuluh, nantinya mahasiswa akan berkontribusi melakukan penyuluhan terhadap peternak-peternak di berbagai daerah.

5. Formulator Pakan Ternak


Meracik makanan dan formulasi nutrisi untuk pakan disebut sebagai formulator pakan ternak. Biasanya pekerjaan dibutuhkan di peternakan yang sudah besar demi menjadi hewan ternak tetap berkualitas.

6. Manajer Pertanian dan Peternakan


Setiap peternakan biasanya memiliki manajer untuk mengatur semua sistem di pertanian agar dapat berjalan dengan lancar. Mahasiswa peternakan akan bertugas untuk memastikan semua sistem terkendali, ternak memiliki nutrisi baik, sistem kandang aman untuk pekerja dan ternak, serta semua sistem berfungsi secara normal.
(wyn)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.0047 seconds (0.1#10.140)
pixels