UGM Peringkat 239 Dunia di QS WUR 2025, Apa Rahasianya?

Rabu, 05 Juni 2024 - 10:34 WIB
loading...
UGM Peringkat 239 Dunia di QS WUR 2025, Apa Rahasianya?
UGM menempati peringkat 239 dunia berdasarkan lembaga pemeringkatan Quacquarelli Symonds World University Rankings (QS WUR) 2025. Foto/UGM.
A A A
JAKARTA - UGM menempati peringkat 239 dunia berdasarkan lembaga pemeringkatan Quacquarelli Symonds World University Rankings (QS WUR) 2025. UGM naik 24 peringkat dari posisi sebelumnya.

Kepala Satuan Penjaminan Mutu dan Reputasi Universitas (SPRMU) UGM, Prof. Dr. Indra Wijaya Kusuma menjelaskan, kenaikan peringkat UGM ditopang dari sisi peningkatan reputasi akademik yang berada pada posisi 145 dunia, meningkat dari sebelumnya di posisi 152 dunia.

Baca juga: Deretan 7 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS WUR 2025, Ada 2 Kampus Muhammadiyah

“Di posisi ini UGM masih menjadi terdepan di Indonesia,” ujarnya, dikutip dari laman Universitas Gadjah Mada (UGM), Rabu (5/6/2024).

Indra menerangkan, keberhasilan peningkatan reputasi akademik tersebut mencerminkan pengakuan dunia akademik terhadap UGM. Sementara untuk indikator reputasi lulusan UGM mencapai ranking 91 dunia, juga meningkat 27 peringkat dari sebelumnya di posisi 118 dunia.

Baca juga: QS WUR 2025, Ini 10 Universitas Terbaik Indonesia yang Masuk Peringkat Dunia

Menurut Indra, kenaikan peringkat ini menegaskan keterserapan lulusan di dunia kerja dan alumni yang sudah diakui di level internasional. “Peningkatan reputasi lulusan ini menjadi cermin dari peningkatan kualitas alumni UGM,” tuturnya.

Secara keseluruhan, kata Indra, dari 9 indikator yang digunakan untuk penilaian pemeringkatan QS WUR 2025, UGM meningkat pada 8 indikator.

Pada indikator internasionalisasi ditunjukkan dengan meningkatnya jumlah dosen dan mahasiswa internasional serta peningkatan dalam jumlah kerja sama riset internasional.

Baca juga: 13 Kampus Jurusan Ekonomi dan Bisnis Terbaik di Indonesia Versi THE WUR By Subject 2024, Pilih Mana?

Dalam hal produktivitas riset, UGM dalam 5 tahun terakhir terdapat 13.844 artikel di jurnal internasional bereputasi serta mendapatkan sitasi sebanyak 65.608 kali dari paper tersebut selama 5 tahun terakhir. “Jumlah sitasi ini meningkat 31% dari tahun sebelumnya,” terangnya.

Rektor UGM Prof. dr. Ova Emilia pun senang dan bersyukur atas pencapaian kenaikan peringkat ini. Meski ranking bukan merupakan tujuan, imbuhnya, namun ranking merupakan cermin dari proses pembelajaran di UGM.

“Tentunya kita sangat bergembira dan bersyukur atas kenaikan peringkat ini. Hasil pemeringkatan ini bisa menjadi penambah semangat sekaligus cermin untuk perbaikan,” pungkasnya.

10 Universitas Terbaik di Indonesia Versi QS WUR 2025


1. Universitas Indonesia (UI)
2. Universitas Gadjah Mada (UGM)
3. Institut Teknologi Bandung (ITB)
4. Universitas Airlangga (Unair)
5. IPB University
6. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya
7. Universitas Padjadjaran (Unpad)
8. Universitas Diponegoro (Undip)
9. Universitas Brawijaya (UB)
10. Bina Nusantara University (BINUS)
(nnz)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2098 seconds (0.1#10.140)
pixels