Mau Ikut Rekrutmen CPNS 2024? Langkah Awal Daftar Akun SSCASN, Begini Caranya!

Rabu, 05 Juni 2024 - 13:33 WIB
loading...
Mau Ikut Rekrutmen CPNS 2024? Langkah Awal Daftar Akun SSCASN, Begini Caranya!
Kamu yang berniat mendaftar CPNS 2024 pada Juni dan Juli mendatang, langkah pertama penting yang diperlukan adalah membuat akun SSCASN. Foto ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Begini cara membuat akun SSCASN sebagai langkah persiapan mendaftar CPNS 2024. Pemerintah mengumumkan pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) bersamaan dengan rekrutmen pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) pada Juni atau Juli 2024.

Satu tahapan penting awal mendaftar CPNS adalah membuat akun SSCASN ((Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara). Bagaimana caranya? Artikel kali ini akan membahasnya, simak ya!

Cara Membuat Akun SSCASN untuk Daftar CPNS 2024


1. Buka Website SSCASN


Langkah pertama, akses website resmi SSCASN di https://sscasn.bkn.go.id/. Pastikan kamu menggunakan browser yang stabil dan koneksi internet yang lancar.

2. Pilih “Daftar”


Pada halaman utama SSCASN, klik tombol “Daftar” yang terletak di bagian kanan atas.

3. Isi Data Diri


Isi formulir pendaftaran dengan lengkap dan benar, seperti nama, NIK, alamat email, nomor handphone, dan password. Pastikan data yang kamu masukkan sesuai dengan dokumen resmi.

4. Verifikasi Email


Buka email kamu dan klik tautan verifikasi yang dikirimkan oleh SSCASN. Jika tidak ada di kotak masuk, periksa folder spam atau junk mail.


5. Lengkapi Biodata dan Riwayat Pendidikan


Setelah verifikasi email, kamu akan diarahkan kembali ke website SSCASN. Lengkapi biodata dan riwayat pendidikan dengan seksama.

6. Unggah Dokumen Pendukung


Unggah dokumen-dokumen yang diperlukan, seperti scan KTP, ijazah, transkrip nilai, dan surat keterangan sehat. Pastikan format dan ukuran file sesuai dengan ketentuan.

7. Perbarui Data dan Finalisasi


Periksa kembali seluruh data yang kamu masukkan. Pastikan tidak ada kesalahan atau data yang terlewat. Jika sudah yakin, klik tombol “Finalisasi”.

8. Cetak Kartu Pendaftaran


Setelah finalisasi, kamu dapat mencetak kartu pendaftaran sebagai bukti bahwa kamu telah berhasil membuat akun SSCASN. Simpan kartu ini dengan baik untuk keperluan selanjutnya.

Dokumen yang Perlu Disiapkan


1. Kartu keluarga

2. Kartu Tanda Penduduk (KTP)

3. Ijazah dan transkrip nilai

4. Pas foto dengan latar belakang berwarna merah

5. Swafoto (selfie)

6. Dokumen lain yang diperlukan sesuai dengan instansi atau kementerian yang dilamar
(wyn)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1126 seconds (0.1#10.140)
pixels