Unesa Dirikan Fakultas Hukum, Keunggulannya di Bidang Keolahragaan

Kamis, 06 Juni 2024 - 16:15 WIB
loading...
Unesa Dirikan Fakultas...
Universitas Negeri Surabaya (Unesa) menjadikan prodi Hukum menjadi fakultas tersendiri tahun ini. Foto/Unesa.
A A A
SURABAYA - Universitas Negeri Surabaya (Unesa) menjadikan prodi Hukum menjadi fakultas tersendiri tahun ini. Keunggulannya ada pada hukum keolahragaan.

Dekan Fakultas Hukum Unesa Arinto Nugroho mengatakan, Fakultas Hukum Unesa dirintis sejak 2009 lalu. Pendiriannya diawali dengan membuka program studi Ilmu Hukum.

Baca juga: Jadi Wisudawan Terbaik S2 Hukum Unair, Begini Perjuangan Ventri Bekerja Sambil Kuliah

“Berkat kerja keras dan kolaborasi semua pihak, Fakultas Hukum akhirnya berhasil didirikan resmi pada 5 April 2024, atau 15 tahun sejak prodi ilmu hukum dirintis,” ucapnya.

Pendirian Fakultas Hukum tidaklah mudah dan harus melalui proses administratif kompleks dan penilaian ketat dari pemerintah. Di antara yang menjadi penilaian adalah jumlah mahasiswa, kualitas SDM, dan infrastruktur.

Kekhasan FH Unesa


Fakultas Hukum Unesa mengusung konsep kurikulum yang responsif terhadap perkembangan global. Adopsi kurikulum yang berfokus pada kebutuhan hukum kontemporer akan menjadi ciri khas tersendiri bagi FH Unesa.

Dekan FH mengungkapkan, FH Unesa memiliki perbedaan dari fakultas hukum kampus lain. Perbedaan substansialnya, FH Unesa terletak pada pendekatan yang terintegrasi terhadap hukum keolahragaan. "Kami memilih bidang keolahragaan yang belum banyak dimiliki oleh universitas lain sebagai ciri khas kami," tegasnya.

Baca juga: Alumni dari 40 Angkatan Hadiri Reuni Akbar Fakultas Hukum Universitas Trisakti

Kekhasan yang menjadi mata kuliah khusus ini memberikan landasan yang kokoh bagi mahasiswa untuk memahami peraturan dan dinamika di dunia olahraga. Semisal dari kontrak sponsor hingga penyalahgunaan doping akan menjadi bagian dari dimensi hukum dalam industri olahraga secara holistik.

Hal ini merupakan sebuah kontribusi unik dari FH Unesa dalam peta pendidikan hukum di Indonesia. “Hukum keolahragaan menjadi salah satu konsentrasi pada progam magister Ilmu Hukum yang akan dipelajari lebih spesifik lagi,” terangnya.

Saat ini, FH Unesa memiliki dua prodi yaitu satu prodi jenjang sarjana (S-1 Ilmu Hukum), dan satu prodi jenjang magister (S-2 Hukum). Sebagai fakultas baru, FH Unesa terus berkembang. Salah satunya, dengan membuka prodi baru yaitu S-1 Hukum Bisnis, dan S-2 Kenotariatan.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2148 seconds (0.1#10.140)