Kreativitas dan Inovasi Sangat Dibutuhkan Membuat Konten Menarik di Media Digital

Jum'at, 07 Juni 2024 - 14:20 WIB
loading...
Kreativitas dan Inovasi Sangat Dibutuhkan Membuat Konten Menarik di Media Digital
Kreativitas dan inovasi sangat dibutuhkan nitizen termasuk para pelajar dalam membuat konten yang menarik di media sosial. Foto ilustrasi/Ist
A A A
BADUNG - Budaya bermedia digital erat kaitannya dengan cara membuat konten menarik. Hal itu dikarenakan budaya bermedia digital merujuk pada cara orang berinteraksi, berkomunikasi, dan berpartisipasi dalam lingkungan digital.

Hal ini melibatkan berbagai aspek, seperti penggunaan teknologi, etika digital, pola konsumsi konten, dan cara berbagi informasi. Kreativitas dan inovasi sangat dibutuhkan dalam membuat konten yang menarik.

”Dalam konteks budaya bermedia digital, pembuatan konten yang menarik, salah satunya berhubungan dengan pemahaman audiens dan tren,” ungkap relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) bidang Kemitraan dan Legal Provinsi Bali I Komang Suartama, dalam webinar literasi digital di Kabupaten Badung, Bali, Jumat (7/6/2024).

Diskusi virtual untuk segmen pendidikan yang diikuti dengan menggelar nonton bareng (nobar) oleh kalangan siswa dan tenaga pendidik di Kabupaten Badung itu, digelar Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) RI bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bali.


Komang mengatakan, pemahaman terhadap audiens dimaksudkan untuk mengetahui kebiasaan, kesukaan, platform yang digunakan, dan waktu produktif. Untuk membuat konten yang menarik, juga butuh interaksi dan keterlibatan yang berfungsi untuk mengukur hasil-hasilnya.

”Selain interaksi langsung, memahami pentingnya membuat konten dengan potensi keterlibatan tinggi sangatlah penting,” tegas I Komang Suartama dalam diskusi yang dipandu moderator Joan Permana itu.

Dalam diskusi online bertajuk ”Tips dan Trik Cara Membuat Konten yang Menarik” itu, Komang juga menyebut kreativitas dan inovasi sangat dibutuhkan dalam membuat konten yang menarik. Bahkan, kreativitas dan inovasi bisa dibilang ”ruh” dalam pembuatan konten yang menarik.

”Konten kreatif dan inovatif akan memikat perhatian, meningkatkan engagement, visibilitas, keterlibatan emosional, membangun branding, meningkatkan penjualan, dan mengikuti perkembangan perilaku konsumen,” imbuh I Komang Suartama.

Tips dan trik lainnya, sambung Komang, buatlah audio dan video yang menarik. ”Perhatikan pencahayaan, posisi kamera, dan kualitas audio,” pungkas I Komang Suartama di depan para peserta nobar dari sekolah masing-masing.

Sekolah yang menggelar acara nobar diskusi online kali ini, di antaranya: SMAN 1, SMAN 2, SMAN 3 Kuta Selatan, SMAN 1, SMAN 2 Kuta Utara, SMAN 1, SMAN 2 Kuta, SMAN 2 Mengwi, SMAN 1 Petang, SMAN 1 Abiansemal, SMA Katolik Thomas Aquino, dan SMA Widiatmika.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4521 seconds (0.1#10.140)
pixels