Mau Jadi Dokter? Kenali Beda Jurusan Teknik Biomedik dan Teknologi Kedokteran Ini

Minggu, 09 Juni 2024 - 12:00 WIB
loading...
Mau Jadi Dokter? Kenali Beda Jurusan Teknik Biomedik dan Teknologi Kedokteran Ini
Teknologi Biomedis (TB) dan Teknologi Kedokteran (TK) memegang peran penting dalam pengembangan teknologi untuk mendukung dunia medis. Foto ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Ini perbedaan antara jurusan Teknik Biomedik dan Teknologi Kedokteran yang perlu diketahui kamu yang berminat kuliah di jurusan bidang kesehatan. Dalam era modern yang dipenuhi dengan terobosan teknologi di berbagai bidang, tak heran bahwa bidang kesehatan pun mengalami transformasi yang signifikan.

Peran penting dalam pengembangan teknologi untuk mendukung dunia medis adalah Teknologi Biomedis (TB) dan Teknologi Kedokteran (TK). Sebagai bahan pengentahuan agar tak rancu, mengutip youtube ITS, artikel kali ini akan membahas perbedaan natara jurusan kuliah Teknik Biomedik dan Teknologi Kedoktera, simak ya!

Perbedaan Jurusan Teknik Biomedik dan Jurusan Teknologi Kedokteran


1. Ditinjau dari Fokus Utama


Teknologi Biomedis (TB) merangkum konsep dari rekayasa dan kedokteran, dengan penekanan pada pengembangan perangkat medis, alat kesehatan, dan teknologi untuk mendukung diagnosis, pengobatan, dan perawatan medis.

Teknologi Kedokteran (TK) lebih berorientasi pada pengembangan alat medis, mesin, dan teknologi untuk membantu proses medis, seperti perangkat medis, sistem pengukuran medis, dan perangkat lunak medis.


2. Perbedaan Pembelajaran dan Penerapan


Teknologi Biomedis (TB) memadukan pengetahuan dalam bidang rekayasa seperti elektronika dengan pemahaman tentang anatomi, fisiologi, dan aspek medis lainnya.

Teknologi Kedokteran (TK) melibatkan desain, pembuatan, dan penggunaan alat-alat medis serta pemahaman mendalam tentang aplikasi klinis dan kebutuhan pasien.

3. Perbedaan Berdasarkan Pendekatan Multidisiplin


Teknologi Biomedis (TB) menggabungkan konsep-konsep dari bidang rekayasa, kedokteran, dan ilmu biologi untuk menciptakan solusi teknologi yang inovatif dalam bidang kesehatan.

Teknologi Kedokteran (TK) mengintegrasikan prinsip - prinsip rekayasa dengan pemahaman tentang praktik medis untuk menghasilkan solusi teknologi yang bermanfaat dalam konteks perawatan kesehatan.

4. Prospek Karier


Lulusan Teknik Biomedik (TB) memiliki peluang karier yang luas, mulai dari penelitian dan pengembangan perangkat medis, manajemen teknologi kesehatan, hingga karier akademis atau sebagai inovator di industri kesehatan.

Sedangkan Teknologi Kedokteran (TK) terbuka untuk berbagai karir, termasuk sebagai ahli teknologi medis, pengembang produk medis, konsultan kesehatan, atau peneliti dalam industri kesehatan.
(wyn)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1253 seconds (0.1#10.140)
pixels