5 Hal yang Bisa Dilakukan setelah Selesai Mengikuti UTBK SNBT 2024

Sabtu, 08 Juni 2024 - 20:26 WIB
loading...
5 Hal yang Bisa Dilakukan setelah Selesai Mengikuti UTBK SNBT 2024
Berikut ini 6 hal yang bisa dilakukan setelah selesai mengikuti UTBK SNBT 2024 dan menunggu pengumuman seleksinya. Foto/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - UTBK SNBT atau Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes, adalah salah satu jalur penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri di Indonesia. SNBT merupakan perubahan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Melalui jalur ini, calon mahasiswa harus mengikuti ujian tertulis yang menguji pengetahuan dan kemampuan akademik mereka dalam berbagai mata pelajaran, seperti Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan mata pelajaran lainnya yang relevan dengan program studi yang dipilih.

Baca juga: Apa Efek Orang Tua Temani Anaknya UTBK? Psikiater IPB Beri Penjelasan

SNBT bertujuan untuk menilai kesiapan akademik dan potensi calon mahasiswa secara objektif, sehingga diharapkan dapat menjaring mahasiswa yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan perguruan tinggi.

Dengan selesainya penyelenggaraan SNBT 2024, lalu harus melakukan apa? Dikutip dari Instagram BPPP Kemendikbudristek, berikut hal yang bisa kamu lakukan.

5 Hal yang Bisa Dilakukan setelah Selesai UTBK SNBT 2024

1. Beri dirimu istirahat


Setelah tak terhitung lagi kalian berkutat dengan buku dan rumus-rumus pelajaran, kini saatnya relaksasi. Luangkan waktu untuk rebahan dan memulihkan energi.

2. Evaluasi performa


Kiat yang kedua ini tidak ada salahnya dilakukan karena setiap refleksi diri yang dilakukan itu baik untuk perkembangan kamu di masa depan.

3. Persiapkan diri untuk tahap selanjutnya


Ingat, setelah pengumuman masih ada tahap lanjutan sampai kamu resmi menjadi mahasiswa baru. Maka mulai siapkan dokumen-dokumen yang diperlukan untuk pendaftaran universitas. Pastikan semua berkas lengkap dan siap.

Baca juga: Jangan Sampai Kelewat, Tanggal Ini Hasil UTBK SNBT 2024 Diumumkan

Persiapan diri ini tidak hanya berlaku bagi yang nanti dinyatakan diterima di SNBT. Bagi kalian yang nantinya belum lulus, jangan khawatir karena kesempatan masih terbuka di seleksi mandiri.

4. Cari informasi universitas


Kepoin terus pilihan universitas dan program studi yang kamu minati. Apa saja persyaratan masuknya, mata kuliah yang dipelajari, daya tampung, sampai informasi lingkungan kampus yang sudah kamu ketahui lebih dulu bisa membuat kamu selangkah di depan daripada mahasiswa lain.

5. Tetap update tentang informasi seputar SNBT di web

Baca juga: Jadwal dan Cara Download Sertifikat UTBK SNBT 2024, Tahapan Penting Jangan Kelewat!

Pantau terus pengumuman resmi di laman SNPMB BPPP Kemendikbudristek. Jangan sampai ketinggalan informasi penting adalah kunci menuju kesuksesan.

Setiap usaha pasti ada hasilnya dan apa pun hasilnya pada pengumuman 13 Juni 2024 mendatang, teruslah bersemangat dan percaya diri untuk masa depan kalian.

Apa pun hasilnya, tetap harus bersyukur dan introspeksi diri. Terkadang, kegagalan membawa kita pada jalan yang lebih baik yang belum kita sadari.

Teruslah maju dengan hati yang penuh semangat. Bagi calon mahasiswa yang diterima di perguruan tinggi pilihan, selamat dan teruslah berjuang.

MG/Pandu Najogi
(nnz)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1391 seconds (0.1#10.140)
pixels