Jangan Dianggap Remeh, Ini 5 Fungsi Penting Sertifikat UTBK SNBT 2024

Kamis, 13 Juni 2024 - 11:14 WIB
loading...
Jangan Dianggap Remeh, Ini 5 Fungsi Penting Sertifikat UTBK SNBT 2024
Sertifikat Ujian Tulis Berbasis Komputer di Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK SNBT) 2024 bisa diunduh atau di-download bersamaan dengan pengumuman. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini fungsi sertifikat UTBK SNBT 2024 yang bisa diunduh bersamaan dengan pengumuan UTBK-SNBT hari ini mulai pukul 15.00 WIB. Sertifikat Ujian Tulis Berbasis Komputer di Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK SNBT) 2024 bisa diunduh atau di-download bersamaan dengan pengumuman. Sementara batas waktu unduh sertifikat sampai 31 Juli 2024. Artikel kali ini akan membahas 5 fungsi sertifikat UTBK-SNBT, simak ya!

5 Fungsi Sertifikat UTBK SNBT 2024


Calon mahasiswa yang lolos SNBT 2024 maupun tidak, perlu diketahui jika sertifikat ini penting. Ada manfaat atau kegunaan tersendiri yang harus diketahui.

1. Daftar jalur mandiri PTN


Pertama, fungsi sertifikat ini untuk mendaftarkan diri di jalur mandiri beberapa perguruan tinggi yang menggunakan nilai UTBK SNBT 2024.

Ada banyak PTN yang membuka jalur UTBK SNBT 2024. Contohnya Universitas Brawijaya, Universitas Airlangga, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Institut Pertanian Bogor.

Berdasarkan tahun lalu, ada 13 PTN yang menerima siswa lewat jalur nilai UTBK. Biasanya jalur UTBK di PTN ini dibuka sampai awal bulan Agustus 2024.

2. Daftar Sekolah Kedinasan 2024


Kedua, bisa berfungsi untuk daftar sekolah kedinasan 2024 seperti Politeknik STAN dan Politeknik Sandi dan Siber Negara (Poltek SSN). Kedua sekolah kedinasan ini menerima siswa dengan sertifikat UTBK tahun 2023 dan 2024.

3. Daftar PTS


Ketiga, sebagian Perguruan Tinggi Swasta (PTS) membuka jalur nilai UTBK bagi calon mahasiswa. Misalnya Universitas Maranatha, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.


4. Pendaftaran PTS tahun berikutnya


Keempat, bila siswa memutuskan gap year maka sertifikat UTBK SNBT 2024 bisa digunakan mendaftar jalur mandiri di beberapa PTN pada tahun 2025. Sebab, ada PTN yang membuka jalur UTBK dari hasil 2 tahun terakhir.

5. Daftar beasiswa


Kelima ada banyak PTS yang memberikan beasiswa untuk jalur nilai UTBK. Tercatat ada tujuh PTS yang memberikan beasiswa bagi peserta UTBK SNBT.

Namun hasil nilai kalian akan dirangking dan dinilai sesuai indikator masing-masing kampus. Contoh kampus yang membuka beasiswa nilai UTBK SNBT antara lain President University, Universitas Multimedia Nusantara, Universitas Muhammadiyah Semarang. Selain itu, banyak organisasi, institusi yang membuka beasiswa dengan syarat sudah mengikuti UTBK SNBT.

Cara Unduh dan Cetak Sertifikat UBTK SNBT 2024


1. Masuk ke salah satu link pengumuman

2. Kemudian input alamat email dan kata sandi yang sudah terdaftar;

3. Ketika halaman UTBK muncul, tekan tombol “Unduh Sertifikat UTBK"

4. Tekan tombol “Lihat Sertifikat Hasil”

5. Unduh File PDF dengan menekan tombol “Unduh Sertifikat Hasil”

6. Simpan file PDF sertifikat UTBK kamu dengan baik

7. Jika ingin mencetak sertifikat UTBK SNBT, klik icon print pada PDF. Selain cara tersebut, peserta dapat mengunduh melalui tautan pengumuman 37 link mirror hasil seleksi SNBT, dengan mengisi 12 digit nomor peserta dan tanggal lahir di kolom yang tersedia.
(wyn)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1642 seconds (0.1#10.140)
pixels