Unhan Perkuat Jiwa Bela Negara Generasi Muda

Kamis, 13 Juni 2024 - 19:06 WIB
loading...
Unhan Perkuat Jiwa Bela Negara Generasi Muda
Kolonel Cku Heru Prasetyo memaparkan tentang kampus Unhan kepada siswa SMAN 8 Jakarta dalam kegiatan PKM Mahasiswa S2 Prodi SPS, Kamis (13/6/2024). FOTO/SINDOnews/HARYUDI
A A A
JAKARTA - Mahasiswa Magister (S2) Program Studi Strategi Perang Semesta (Prodi SPS) Universitas Pertahanan Republik Indonesia (Unhan RI) melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di SMA Negeri 8 Jakarta, Kamis (13/6/2024). Selain mengenalkan kampus Unhan, kegiatan ini juga menyosialisasikan bela negara kepada para siswa.

PKM yang mengambil tema Merajut Cinta Tanah Air di Era Digital itu diikuti oleh 65 siswa yang merupakan pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dan Majelis Perwakilan Kelas (MPK) SMAN 8 Jakarta. Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Prodi SPS Unhan Kolonel Inf Dr. Almuchalif Suryo, SIP, MA; perwakilan Unhan Kolonel Cku Dr Heru Prasetyo, SE, MM, CBV, CDMS; Kepala SMAN 8 Jakarta Drs Mukhlis, MIKom; Wakil Kepala SMAN 8 Dr Gatot Handoko MPd, dan para mahasiswa S2 Prodi SPS Unhan.

Kegiatan yang digelar di Auditorium SMAN 8 Jakarta berlangsung sangat seru. Para siswa antusias mengikuti pemaparan mengenai program studi yang ada di Unhan, beasiswa, dan seleksi masuk universitas milik Kementerian Pertahanan tersebut. Para siswa juga semangat mengikuti tanya jawab tentang praktik bela negara dalam kehidupan sehari-hari.

Unhan Perkuat Jiwa Bela Negara Generasi Muda

Siswa SMAN 8 Jakarta antusias mengikuti kegiatan PKM Mahasiswa S2 Prodi SPS Unhan RI, Kamis (13/6/2024). FOTO/SINDOnews/HARYUDI

Kepala Prodi SPS Unhan Kolonel Inf Almuchalif Suryo mengatakan, kegiatan yang digelar di SMAN 8 Jakarta merupakan program pengabdian masyarakat. Program ini bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

"Materi yang kita berikan adalah materi bela negara, harapannya, bela negara ini sudah kita sampaikan sejak awal kepada genarasi-generasi yang dapat membawa menuju Indonesia Emas 2045," kata Suryo kepada SINDOnews usai kegiatan PKM di SMAN 8 Jakarta, Kamis (13/6/2024).

Ketua Pelaksana PKM Prodi SPS Unhan, Imelda Berwanty Purba menyampaikan terima kasih karena telah diterima dengan baik oleh siswa maupun pimpinan SMAN 8 Jakarta. Ia senang melihat antusiasme para siswa dalam bertanya maupun menjawab pertanyaan.

"Senang sekali antusiasme dari adik-adik dalam menjawab pertanyaan atau pun bertanya, dan pokoknya tadi pembelajaran tadi bener-bener menyenangkan dan hidup dan mereka tertarik juga untuk bisa mengikut seleksi di S1-nya Unhan," katanya.



Ia berharap melalui kegiatan PKM ini para siswa SMAN 8 Jakarta lebih memahami lagi dan lebih memiliki rasa cinta Tanah Air. "Mereka menjadi tahu bahwa (cinta tanah air) itu bisa diaplikasikan, tidak hanya lewat perang atau pakai senjata, tapi juga dengan otak, dengan prestasi, dengan kepedulian dengan isu-isu sosial yang ada," ujarnya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2349 seconds (0.1#10.140)
pixels