5 Jurusan Soshum yang Diprediksi Sangat Dibutuhkan di Masa Depan, Ilmu Komunikasi Paling Prospektif

Sabtu, 15 Juni 2024 - 14:30 WIB
loading...
5 Jurusan Soshum yang Diprediksi Sangat Dibutuhkan di Masa Depan, Ilmu Komunikasi Paling Prospektif
Prodi Ilmu Komunikasi menjadi salah satu jurusan rumpun Soshum yang lulusannya diprediksi sangat dibutuhkan di masa depan. Foto ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 5 jurusan kuliah rumpun Soshum yang sangat dibutuhkan di masa depan. Memilih jurusan kuliah menjadi salah satu faktor penting bagi calon mahasiswa untuk mencari pekerjaan di masa depan.

Dan salah satu jurusan kuliah yang memiliki masa depan bagus adalah jurusa Sosial dan Humaniora (Soshum) atau yang familiar disebut sebagai jurusan sosial.

Dirangkum dari berbagai sumber, artikel kali ini akan membahas daftar 5 jurusan kuliah Soshum yang lulusannya disebut sangat dibutuhkan di masa depan, simak ya!

5 Jurusan Kuliah dari Rumpun Soshum yang Sangat Dibutuhkan di Masa Depan


1. Ilmu Komunikasi

Jurusan ini menawarkan banyak peluangkarier. Kamu akan belajar berbicara di depan umum, fotografi, sinematografi, penulisan naskah berita, dan produksi film. Hampir setiap industri membutuhkan pakar komunikasi, menjadikannya pilihan yang populer dan serbaguna.

Pilihan karier meliputi hubungan masyarakat, jurnalisme, radio, pelaporan, presentasi, periklanan, produksi, dan pengorganisasian acara.

2. Bisnis Digital


Jurusan ini berfokus pada pengembangan bisnis dengan menggunakan teknologi digital.Kamu akan belajar tentang pasar, startup digital, data besar, dan banyak lagi. Bisnis digital mempersiapkan siswa untuk bersaing di era industri yang menggabungkan teknologi digital dengan teori bisnis dasar. Lulusannya memiliki beragam pilihan karier di bidang keuangan, konsultasi bisnis, analisis sistem, dan e-commerce.


3. Hubungan Internasional


Jika kamu tertarik dengan interaksi antar-negara, jurusan ini cocok untuk kamu.Di jurusan ini kamu akan belajar diplomasi, resolusi konflik, ekonomi, kesejahteraan, dan perdamaian global. Kamu akan mengembangkan pemahaman mendalam tentang isu-isu global dan kerja sama internasional.

Jurusan ini menawarkan peluang karier yang signifikan, termasuk peran sebagai politisi, diplomat, staf kedutaan, konsultan internasional, dan banyak lagi.

4. Kriminologi


Meskipun namanya tampak menakutkan, kriminologi adalah bidang yang menarik dengan prospek masa depan yang sangat baik. Di sini kamu akan mempelajari penyebab kejahatan dan faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku kriminal. Kamu akan menjelajahi bidang-bidang seperti kejahatan dunia maya, penegakan hukum, dan kejahatan transnasional.

Pilihan karier mencakup peran dalam penuntutan, lembaga penegak hukum, departemen pertahanan, badan intelijen, kontra-terorisme, dan organisasi hak asasi manusia.

5. Psikologi


Psikologi adalah pilihan populer, mempelajari perilaku manusia, pola pikir, proses mental, dan emosi. Jurusan ini mencakup subbidang seperti psikologi klinis, psikologi perkembangan, dan psikologi industri.

Lulusan psikologi memiliki jalur karier yang bervariasi, seperti HR, konsultasi psikologis, pelatihan, asesmen, konsultasi karier, analisis UX, dan psikologi klinis.
(wyn)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5300 seconds (0.1#10.140)
pixels