Tips Memilih Jurusan Kuliah Berdasarkan Kepribadian MBTI, Kamu Cocok yang Mana?

Rabu, 19 Juni 2024 - 12:49 WIB
loading...
Tips Memilih Jurusan...
Memilih jurusan kuliah bisa membingungkan, sekaligus juga bisa menentukan masa depan seseorang. Makanya, memilih jurusan kuliah tidak bisa asal-asalan. Foto ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Ini tips memilih jurusan kuliah berdasarkan kepribadian MBTI. Memilih jurusan kuliah bisa membingungkan, sekaligus juga bisa menentukan masa depan seseorang. Makanya, memilih jurusan kuliah tidak bisa asal-asalan.

Banyak cara untuk membantu seseorang memilih jurusan kuliah, salah satunya melalui prediksi kepribadian manusia. Cara memprediksi kepribadian seseorang ada banyak jenisnya antara lain berdasarkan golongan darah, tes kepribadian DISC, tes kepribadian MBTI ((Myers-Briggs Type Indicator), dan lain-lain.

Saat ini tes yang sering digunakan adalah tes MBTI. Tes MBTI adalah sebuah tes yang bertujuan untuk mengetahui cara seseorang dalam memandang dunia dan bagaimana mereka mengambil keputusan. Artikel kali ini akan membahas tips memilih jurusan kuliah berdasarkan kepribadian MBTI, simak ya!

Tips Memilih Jurusan Kuliah Berdasarkan Kepribadian MBTI


1. INFJ (Pengacara)


INFJ adalah pemikir mendalam dengan tingkat empati yang tinggi, sehingga mereka cocok untuk memahami perilaku manusia dan mengeksplorasi ide-ide kompleks.

Jurusan yang direkomendasikan: Psikologi, Sastra.

2. ISFP (Artis)


ISFP kreatif dan senang mengekspresikan diri melalui karya mereka, berkembang dalam lingkungan yang memungkinkan ekspresi artistik.

Jurusan yang direkomendasikan: Seni, Desain.

3. ISFJ (Pembela)


ISFJ adalah orang yang penuh perhatian, suportif, dan sangat loyal, sehingga mereka cocok untuk profesi yang melibatkan membantu dan mendidik orang lain.

Jurusan yang direkomendasikan: Keperawatan, Pendidikan.


4. ENFJ (Sang Protagonis)


ENFJ adalah orang yang karismatik, persuasif, dan terdorong untuk menginspirasi orang lain, unggul dalam peran yang dapat memotivasi dan membimbing orang lain

Jurusan yang direkomendasikan: Pendidikan, Komunikasi

5. ESTJ (Eksekutif)


ESTJ adalah pemimpin alami yang sangat terstruktur dan unggul dalam mengatur dan mencapai hasil, serta ideal untuk peran manajemen.

Jurusan yang direkomendasikan: Manajemen, Administrasi Bisnis

6. ESTP (Pengusaha)


ESTP adalah orang yang energik, berorientasi pada tindakan, dan menyukai tantangan, sehingga cocok untuk bidang dinamis seperti pemasaran dan olahraga.

Jurusan yang direkomendasikan: Pemasaran, Olahraga

7. INTP (Pemikir)


INTP cerdas dan senang menganalisis berbagai perspektif, sehingga cocok untuk bidang yang memerlukan pemikiran dan analisis kritis.

Jurusan yang direkomendasikan adalah Ilmu Politik, Ekonomi

8. INTJ (Arsitek)


INTJ memiliki rasa ingin tahu, suka berdebat, dan selalu berpikir mendalam, berkembang dalam bidang yang menantang kecerdasan dan ide mereka.

Jurusan yang direkomendasikan: Matematika, Filsafat
(wyn)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2153 seconds (0.1#10.140)