Jadi Favorit di UTBK SNBT 2024, Ini Prospek Kerja Mentereng Jurusan Ilmu Komunikasi

Jum'at, 21 Juni 2024 - 10:30 WIB
loading...
Jadi Favorit di UTBK...
Dalam seleksi UTBK SNBT 2024 jurusan Ilmu Komunikasi diketahui memiliki tingkat persaingan dengan persentase sebesar 1,14 persen. Foto ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Apa bagusnya jurusan Ilmu Komunikasi ? Pertanyaan itu wajar dilontarkan calon mahasiswa baru yang masih ragu memilih jurusan Ilmu Komunikasi. Padahal asal tahu saja, Program studi (prodi) Ilmu Komunikasi menjadi salah satu jurusan yang memiliki banyak peminatnya dalam seleksi masuk SNBP maupun SNBT.

Di beberapa perguruan tinggi negeri (PTN) bahkan jurusan ini memiliki persaingan yang cukup ketat dan menempati posisi teratas. Dalam seleksi UTBK SNBT 2024 jurusan ini terlihat memiliki tingkat persaingan dengan persentase sebesar 1,14 persen. Artikel kali ini akan membahas profil jurusan Ilmu Komunikasi, simak ya!

Apa Itu Jurusan Ilmu Komunikasi?


Jurusan Ilmu Komunikasi merupakan prodi yang mempelajari tentang pengantar Ilmu Komunikasi, Komunikasi Massa, Psikologi Komunikasi, hingga Sosiologi Komunikasi. jurusan ini memiliki beberapa konsentrasi atau peminatan yang dapat dipilih oleh mahasiswanya.

Peminatan Jurusan Ilmu Komunikasi


Adapun peminatan dalam jurusan Ilmu Komunikasi diantaranya sebagai berikut:

1. Marketing


Dalam peminatan marketing mahasiswa nantinya akan mempelajari tentang strategi dalam mengkomunikasikan suatu produk organisasi maupun perusahaan. Selain itu, mahasiswa juga akan menganalisa pasar dan kebutuhan konsumen dalam mempromosikan suatu brand perusahaan.

2. Hubungan Masyarakat


Pada peminatan Hubungan Masyarakat (Humas) Tak hanya itu, mahasiswa juga akan mempelajari cara untuk mengelola hubungan komunikasi yang baik suatu perusahaan dengan karyawan maupun dengan perusahaan lain mahasiswa akan mempelajari bagaimana cara untuk membangun dan menjaga nama baik perusahaan di mata masyarakat.


3. Broadcasting


Peminatan yang satu ini mahasiswa dituntut untuk memiliki pemikiran yang kreatif dalam menyampaikan suatu pesan melalui sebuah media massa. Memerlukan rasa percaya diri dan bahasa komunikasi yang baik agar program yang dibuat dapat lebih menarik bagi masyarakat.

Sejumlah Prospek Kerja Lulusan Jurusan Ilmu Komunikasi


1. Penyiar / Broadcaster


Menjadi produser, sutradara, reporter, copy writer dan lain – lain yang terlibat dalam dunia penyiaran atau broadcasting, adalah salah satu prospek kerja yang paling empuk dari dunia Ilmu Komunikasi. Seperti yang kita ketahui, bahwa dunia penyiaran pada dasarnya ialah proses menyampaikan suatu pesan melalui media massa seperti televisi, radio ataupun surat kabar kepada masyarakat.

2. Jurnalis


Jurnalistik adalah bagian dari Ilmu Komunikasi. Jurnalistik memang ilmu yang dapat dipelajari oleh siapapun, tidak harus lulusan Ilmu Komunikasi. Namun, lulusan Ilmu Komunikasi tentu memiliki kemampuan yang lebih dalam dunia jurnalistik ini. Bidang kerja dari seorang jurnalis antara lain menjadi reporter, news anchor (penyiar berita), news dubber, wartawan media massa, baik di televisi, radio ataupun surat kabar cetak

3. Announcer dan presenter


Kemampuan menyampaikan pesan dengan baik dan dapat menarik perhatian khalayak ramai, ini adalah bagian wajib yang dipelajari oleh lulusan Ilmu Komunikasi.

4. Master of Ceremony (MC)


Menjadi MC tentu membutuhkan kualitas gaya bicara yang baik, pandai menempatkan diri, dan mampu membawa acara menjadi sesuai harapan. Unsur – unsure komunikasi tentu terdapat di dalamnya.

5. Public Relations Officer atau Humas


Profesi Public Relations juga menjadi prospek kerja yang sangat menjanjikan bagi lulusan Ilmu Komunikasi. Seorang Public Relations harus selalu memutar otaknya untuk menyampaikan pesan – pesan perusahaan kepada masyarakat agar perusahaan yang dikelolanya senantiasa memiliki reputasi yang baik.
(wyn)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1960 seconds (0.1#10.140)