Cerita Wayan, Anak Penjual Telur Keliling dari Bali Diterima di UGM Tanpa Tes

Kamis, 27 Juni 2024 - 07:27 WIB
loading...
Cerita Wayan, Anak Penjual Telur Keliling dari Bali Diterima di UGM Tanpa Tes
I Wayan Sudiatmaja bersama kedua orang tuanya. Wayan berhasil diterima di UGM tanpa tes karena lolos SNBP 2024. Foto/UGM.
A A A
JAKARTA - I Wayan Sudiatmaja berhasil diterima di UGM tanpa tes. Ia pun terdaftar sebagai calon mahasiswa penerima KIP Kuliah .

Wayan adalah anak pertama dari dua bersaudara. Orang tuanya bernama I Nengah Raul Adyana dan Ni Luh Sulastini. Wayan diterima kuliah di prodi Ilmu Komunikasi Fisipol Universitas Gadjah Mada (UGM) jalur Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP).

Baca juga: Kisah Love's, Anak Penjual Bumbu Pecel Lulus SNBP 2024 di UGM dan Kuliah Gratis

Menurut Wayan sejak sekolah, kedua orang tua selalu mendidiknya dengan baik dan selalu berperilaku hidup sederhana. Setiap berangkat sekolah ia selalu membawa bekal untuk makan siang dan minum selama di sekolah.

Tekuni Pencak Silat


Selain berprestasi di bidang akademik, Wayan sudah tertarik dengan olahraga bela diri pencak silat yang sudah ditekuninya sejak di bangku SMP.

Ia pun suka mengikuti kejuaraan pencak silat untuk kejuaraan antar pelajar se-provinsi Bali. Ia pun sering langganan juara.

“Terakhir kita dapat juara satu untuk Bali Open Competition tingkat nasional untuk kategori seni beregu,” ujar Wayan, dikutip dari laman UGM, Kamis (27/6/2024).

Baca juga: Unik, Saudara Kembar Ini Lulus Bareng di UGM dengan Predikat Cum Laude

Selain aktif di kegiatan non akademis, Wayan juga memiliki nilai akademik yang bagus terutama untuk mata pelajaran di bidang non eksakta.

Diterima kuliah di prodi Ilmu Komunikasi, Wayan mengaku ingin aktif di kegiatan organisasi dan kemahasiswaan.

“Kalau kuliah nanti saya akan coba ikut organisasi. Saya ingin cari pengalaman baru, pengetahuan baru, mencoba cara peluang ikut organisasi dan perlombaan,” harapnya.

Ragu Kuliah karena Biaya


Wayan sendiri mengaku tidak mudah untuk membujuk kedua orang tuanya untuk merestui dirinya bisa mendaftar kuliah di UGM. Dia pun menjanjikan untuk mendaftar beasiswa KIP Kuliah agar tidak membebani kedua orang tuanya.

Baca juga: Alfredo Jadi Lulusan Tercepat UGM, Raih Gelar S1 Ilmu Komunikasi 3 Tahun 2 Bulan

Wayan pun mafhum bahwa penghasilan orang tuanya sebagai pedagang telur keliling dan pengrajin tenun tentu akan kesulitan membiayai kuliahnya kelak. Beruntung bagi Wayan bahwa ia menjadi salah satu calon penerima beasiswa KIP Kuliah untuk calon mahasiswa baru tahun 2024 ini.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2311 seconds (0.1#10.140)
pixels